Pemesanan bibit kroto

Pemesanan bibit kroto semut ranggrang Telp.08122898604 (Telkomsel)

Cara Memberi Makanan Ternak Semut

Salam kroto. Bagaimana cara memberi makanan semut rangrang pada media toples. Makanan adalah bagian terpenting yang paling utama. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita berkembang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus diberikan semut rangrang. Kali ini flodesta akan mencoba share cara memberi makanan pada semut rangrang dan sekaligus makanan tidak terbuang. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih semut rangrang untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan.

Cara Memberi Makanan Ternak Kroto

Cara memberi makanan semut rangrang yang pertama adalah kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang dipotong kemudian sisakan sedikit kira-kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat hongkong, ulat kandang. Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa dimasukan langsung ke dalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian dimasukan pada tempat yang telah kita sediakan.

Cara Memberi Makanan Ternak Kroto

Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak semut rangrang. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letakkan di samping toples. Karena dengan media rak, tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas dibanding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan atau (tempat sangat terbatas).

tempat makanan semut rangrang

Bagaimana sobat apakah sudah jelas apa yang saya share. Jika masih mengalami kesulitan, silahkan tanyakan di kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua. Terimakasih telah berkunjung di flodesta tentang cara memberi makanan ternak semut. Ojo lali cendole sob... Matur nuwun.

78 comments:

  1. untuk jenis makanan yg diberikan apa saja mas bro...?

    ReplyDelete
  2. kalau ternak semutnya tanpa ratu gimana mas bro?

    ReplyDelete
  3. @budi

    Bisa mas, tapi lama hasil telurnya.

    ReplyDelete
  4. Bagaimana semut rang rang liar bisa makan di tempat baru media toples

    ReplyDelete
  5. pgn coba budidaya ni semut .kira2 butuh wktu berapa lm smpai bs panen

    ReplyDelete
  6. satu toples dalam 1 hari butuh berapa kg makanan

    ReplyDelete
  7. @ budi tulus
    makanan ulet beli seribu rupiah untuk beberapa hari mas ( 1 toples).

    ReplyDelete
  8. gmna caranya agar semut mau mengunakan toples yg sdh kita sediakan menjadi sarang mereka,,??ap ad cara buat menarik perhatian mereka,?sperti d kasih sesuatu dlu gt,,???

    ReplyDelete
  9. @the glend
    coba di baca baca lagi, mas bro sudah pernah membahasnya. suwun

    ReplyDelete
  10. pingin nyoba ternak tp bgung krna g ada mentor yg mengajari dr awal

    ReplyDelete
  11. @Rommy Gaul
    Kenapa bingung, kan ada flodesta.suwun

    ReplyDelete
  12. d coba ah !doa kan y gan, mdh2 an lancar selalu

    ReplyDelete
  13. mas bro mau nanya gimana cara panennya, trims

    ReplyDelete
  14. Supaya cepat memperbanyak populasi semut angkrang gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kroto jangan di panen , biarkan saja jadi semut. Kalau gak sabar tambah saja semut dari alam(resiko : semut ada yang mati )

      Delete
  15. mantrap infonya mas bro...berapa hari panenya mas bro..suwun sanget..

    ReplyDelete
  16. Q MAU TANYA itu cara mindahinya kan taroh makanan kan....
    lha itu makananya Ditaroh di dalem toples ato di luar toples..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai nampan, makanan dan minuman di letakkan di atas toples. Kalau pakai rak, makanan dan minuman bisa di letakkan di luar toples. suwun

      Delete
  17. Aku nyoba udah tak karantina sampe 3 hari (semua lubang toples ditutup), setelah dibuka ko malah pada ngumpul diatas toples ya(diluar)...? Mohon saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lubangnya tidak perlu di tutup.

      Delete
  18. biasanya diberi makan berapa hari sekali mas bro,,dan kalau diberi makan ulat hongkong butuh berapa ekor biasanya

    ReplyDelete
  19. biasanya kalau memberi makan harus berapa hari sekali mas bro

    ReplyDelete
  20. Sediakan saja makanan setiap hari

    ReplyDelete
  21. porsi makanan bisa langsung banyak atau sedikit2( sehari langsung habis ) mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting ada makanan semut rangrang mas.

      Delete
  22. Mntap gan info nya.. ijin tnya gan.. untuk daun buat d toples yg bagus pke daun apa gan..suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan saja yang di sukai di alam.

      Delete
  23. Bismillah....
    Mantap saya sudah mulai beternak 2 ratu dan 10 toples bibit semoga dapat berkembang,,,
    Amiiieeen
    :)

    ReplyDelete
  24. Bro..
    klo di kasih makan cacing mau gak tu rangrangnya??

    ReplyDelete
  25. Mas bro
    Aku ternak rang rang ambil dri alam. Tpi langsung stu srangnya aku msukin ke toples. Pa bsa bertelur bro??? Tpi posisi srang msih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau pakai daun jangan banyak banyak. Bisa bertelur mas.

      Delete
  26. mas bro mau tanya tetang budi daya ternak angkrang... kalo misalkan, ada lima topless dan tiap toples udah di kasih angkrang nya,, tapi ketika beberapa hari semua angkrang dari tiap tiap toples pindah jadi satu tempat toples,, kira kira masalahnya apa ya mas bro dan solusinya gmna mas broo.. trimakasih masbro,, saya mngharapkan sekali balasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan di paksa biarkan saja berkembang alami sesuai dengan kemauan semut rangrang.

      Delete
  27. Mas bro... Kl dikasih makin ulat daun pisang bisa ga?
    Truss kl di kasi makan kecoa gimana tuh? Suwun.

    ReplyDelete
  28. Again, klo pas mindahin semut dr Alam kan ada telurnya, telur tsb hard dibuang atau di biarkan aja dalam toples dgn semutnya ?, tks berat ya gan mg pahalanya setipal, amieiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telur semut rangrang harus beserta koloninya, biar cepet buat jaring.ya..ya...tank berat juga. sip

      Delete
  29. Gan, tanks heart gan, semutku be dia tadi sdh buat jarring, mediaku topped 10 kg, mau bagian at as toples dh ketutup jaring semua, telurnya dh kali keliatan,
    Yg no ditanya ke agan kertas Koran penutupnya Japan boleh dri buka? Tks y gan, mg agan mkin success, amieein

    ReplyDelete
    Replies
    1. wouw...besar banget mas toplesnya sampai 10 kg, itu koloninya kecil atau besar? Silahkan mau di buka atau di biarkan saja. Di buka kalau ingin lihat perkembangannya saja to..suwun

      Delete
  30. mas, semut ku telure kecil kecil yow, ypo ki?? :'(
    trus, okeh semut irenge seng enek sayape...
    iku di guak po di apakno...

    suon and cepet replay nggeh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telur semut rangrang memang kecil. Biarkan saja kalau sedikit, di buang akan mengganggu semut yang lain.

      Baca ya : Apakah setelah panen kroto semut bisa menghasilkan telur lagi

      Delete
  31. gan apakah ada hama/predator yg bisa meganggu proses ternak semut rang rang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, tetapi bisa di minimalisir kalau punya tempat atau ruangan kusus semut.

      Delete
  32. Mas sya mw tnya di dalam 1 toples tu hrus d isi brapa ratu dan koloninya ya mas? Maaf pmula mas mw trnak kroto jga..
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratu semut rangrang bisa lebih dari satu dalam satu toples

      Delete
  33. Brow semut saya udh 2bulan kok gk ad peningkatan knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya berapa toples, ada ratunya gak?

      Delete
  34. Numpang nanya bang
    mang kalau panen berpa minggu se kali?...
    Maap ganggu ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah jadi kroto bisa di ambil

      Delete
  35. kalo ngambil dr alam tw udah ada ratu.a belum mas brow
    .soal.a ada yg mau pindah tp kug kayak.a ngak ada ratu.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua sarang semut rangrang ada ratunya

      Delete
  36. Selamat malam, saya mau tanya kenapa makanan yg saya beri spt dibuang, banyak yg jatuh ke air? Saya kasih ulat hongkong spt tdk di minati hanya lewat saja d dpnnya, kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jatuh ke air, pakai media nampan atau rak atau modifikasi dua-duanya?
      Sudah berapa lama ?

      Delete
    2. Saya pakai nampan dan baru 2 hr
      tolong dibantu mas bro

      Delete
    3. Memakai nampan memang sangat besar beresiko semut jatuh ke air, karena tempat terbatas dan jaraknya sangat dekat dengan air. Apalagi kalau toples sering mendapat goncangan walaupun kecil, apakah itu memberi makan atau minum.

      Pemindahan ke dalam toples, semut yang baru diambil dari alam membutuhkan adaptasi sampai berhari hari untuk bisa tenang. Masalah makanan memang kalau masih baru belum mau makan, tetapi sediakan saja makan dan minum. Pancing dulu sedikit sedikit dulu saja mas.

      Untuk skala kecil untuk belajar ternak kroto buat saja rak yang tidak terlalu besar, usahakan agak tinggi kaki raknya. Gunakan saja bahan atau kayu bekas yang tidak terpakai bisa di rakit jadi rak sederhana tapi kokoh.

      Delete
  37. Selamat malam mas bro, saya mau tanya kan saya ambil semut rangrang dari alam, dalam satu koloni sdh ada krotonya sedikit tapi tdk ada ratu dan pejantannya, apakah krotonya dapat menetas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kroto jadi semut.

      Delete
    2. Ya mas bro, telurnya bisa menetas tidak ada pejantan dan ratu ?

      Delete
    3. Apakah perlu diberi pejantan juga ?

      Delete
    4. Ratu yang sudah menghasilkan telur tidak perlu pejantan tangguh.

      Delete
    5. Terima kasih mas bro atas infonya

      Delete
    6. Selamat siang mas
      Maaf mengganggu, saya mau tanya kalo buat rak, 1rak hrs 1 koloni atau blh beda koloni ?

      Delete
    7. Satu koloni mas, kalau beda koloni pasti berantem dulu

      Delete
    8. Mas bro kalo 1 pohon ada 1 sarang yg besar dan d sekitarnya ada sarang kecil itu sarang turunan ? Klo di jadikan satu toples g berantem ?

      Delete
    9. Satu pohon gpp mas, ambil saja.

      Delete
    10. Terima kasih y mas bro
      maaf y mas saya tanya terus

      Delete
    11. Selanat malam mas, saya mau tanya bagaimana caranya klo mau menyatukan rangrang beda koloni jadi satu toples ?

      Delete
    12. Ada beberapa cara yang sudah dicoba selama ini yaitu dengan mengkarantina atau membiarkan terpisah dulu baru beberapa hari di campur. Ada juga yang menyatukan semut pada malam hari. Kondisi tersebut belum tentu jaminan tetapi bisa di coba.

      Menyatukan semut sudah pasti ada resiko mas, apakah sedikit atau banyak yang tepar. Untuk Mas bro sendiri tinggal campur saja, selama ini tidak ada masalah yang begitu berat. Kalau tidak mau menerima resiko jangan di campur mas.

      Monggo kalau ada yang mau bantu Ananta Satya Dhamma dengan pengalaman anda sendiri. Maturnuwun

      Delete
    13. Mas bro kalo kasih makan tulang ayam, tulangnya direbus dulu atau mentah saja ?

      Delete

flodesta