Pemesanan bibit kroto

Pemesanan bibit kroto semut ranggrang Telp.08122898604 (Telkomsel)

Gambar Rak Toples Semut Rangrang

Salam kroto. Inilah gambar rak semut rangrang yang didalamnya juga masih menggunakan toples. Pembuatan dengan rak kayu juga menguntungkan dari segi perawatan. Karena kita tidak harus mengganti tatakan air dalam jumlah yang besar. Kotoran semut rangrang juga tidak banyak di dalam toples dan menempel di dinding luar. Misalkan ada rak dengan isi 10, tentunya hanya mengganti air 4 tatakan kaki rak. Sekat atau kotak bisa dibuat lebih banyak sesuai dengan ukuran toples untuk ternak kroto. Bayangkan jika anda mempunyai sarang semut diatas 10 toples dengan tatakan nampan,  perbandingannya sangat banyak 4:10. Berapa tempat atau ruangan yang harus dibutuhkan? Cara pemakaian rak kroto sangat efesien sekali untuk sarang dalam jumlah banyak. Sobat bisa lihat sendiri contoh gambar dibawah ini.

rak kroto

Dalam penempatan rak diharuskan jauh dari udara yang sangat kencang. Jika ditempatkan dalam udara yang sangat  kencang semut rangrang akan terbang kemana mana, disebabkan hembusan angin. Karena ternak kroto di rumah sangat berbeda kondidinya seperti di alam. Diluar semut yang jatuh tidak berpengaruh pada sekitarnya sedangkan semut di ternak di rumah menggunakan rak bila jatuh sangat berpengaruh pada orang sekelilingnya. Tentu akan merepotkan orang disekitar anda. Pemberian makanan semut rangrang maupun minuman lebih enak, kita tinggal meletakkan dengan tempat agak luas. Pergerakan semut rangrang juga lebih bebas dan leluasa.

rak toples semut rangrangGambar Rak Toples Semut Rangrang
Foto by Kroto Kerangga

Bagaimana sobat, apakah sudah mencoba dengan menggunakan rak kayu ? selamat mencoba. Ingin tahu cara mengurangi semut jatuh ke tanah monggo dilanjut.

Monggo..pilihan ada pada sobat, apakah mau menggunakan rak kayu atau nampan  Semoga ternak semut rangrang anda jadi banyak dan berkembang. Saya tunggu cerita anda di sini, semoga bisa bermanfaat. Setelah membaca jangan lupa cendolnya ya bro...Matur nuwun

32 comments:

  1. saya juga minta pic raknya mas bro,kirim ke ekowahyu20@yahoo.com
    terus jika dalam 1 rak di kasih beberapa toples,apakah semua semut bisa akur mas bro?

    ReplyDelete
  2. kalo di gantung ,di luar rumah deket pohon yg da sarang y,bs gk,gan,

    ReplyDelete
  3. Ane punya bnyak toples bkas kue,bs gk ,djdiin srang

    ReplyDelete
  4. salam kenal mas bro...
    sy mau nanya bagai mana caranya agar semutnya mau membuat sarang pd beberapa toples yg ada dlm satu rak?
    kmrn sy coba masukkan semutnya pd tiga toples yg berbeda, kemudian sy letakkan dlm satu rak yg sama, keesokan harinya sy lihat semutnya malah ngumpul dan membuat sarang hanya pd satu toples saja.
    mohon pencerahannya mas bro...

    terima kasih

    ReplyDelete
  5. siang Pak.


    kalau gak keberatan, sy minta no hp dan alamatnya Pak.

    thanks & salam,
    heriwijaya37@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. untuk ratu nya gimana mas carinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cari di alam,pesan sama pemburu kroto atau beli( banyak yang jual)

      Delete
  7. kalo ratu baru di satuin dengan semut yg udah ada di rak,kira2 ratunya di bantai ga mas bro...??

    ReplyDelete
  8. @subhan hakim
    kalau sudah jadi ratu gak dimakan.

    ReplyDelete
  9. sebelumnya terima kasih mas bro..
    itu kertasnya di taruh dalam toples atau di luar mas bro?? cara membuat sarangnya gmn?? permukaan toples kan licin??

    bisa minta no telp mas??
    harwida.wijaya@gmail.com

    ReplyDelete
  10. untuk dalam toples gmn mas bro?? di biarkan tetep semula ( tekstur dalam licin) atau di buat kasar?? suwun mas bro

    ReplyDelete
  11. brarti satu rak satu koloni y mas bro?

    ReplyDelete
  12. met kenal mas Bro,aku dah coba tapi kok belum berhasil,yg mau saya tanyakan bisa nggaK ternak semut rangrang tanpa ratu?

    ReplyDelete
  13. klo digabung begitu dalam satu rak apa tidak berantem semutnya itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah lama tidak kecuali kalau baru gabungnya pasti berantem

      Delete
  14. budi daya nya kamu di wilayah mana u mau surve sekalian kenal gan

    ReplyDelete
  15. salam kenal mas bro,untuk permuaan ternak 5 toples,harus berapa banyak rangrag kita punya ?

    ReplyDelete
  16. ini blog apa gak di rawat ya.. perasaan banyak banget pertanyaan pertanyaan penting yang seharusnya di jawab dan menjadi pembelajaran buat yang baca artikelnya, sehingga blog kan bisa rame,, kenapa malah seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapunten sanget mas ahmad sak derenge. Kalau memang ada masalah yang sangat mendesak bisa telp saya langsung jangan sms ya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin menjawab sesuai dengan pengalaman. Kalau sampai pertanyaan mas ahmad di luar yang saya alami saya angkat tangan. suwon sanget.

      Delete
  17. Pagi mas bro. Saya baru 2 hari dapat bibit dari alam dan semutnya sdh pindah ketoples beserta ratu nya. Tapi pada hari ke 2 ratunya malah mati. Apakah msh ada harapan semut akan bertelur ? TQ

    ReplyDelete
  18. Pagi mas, ratunya ada sayapnya gak. kalau masih ada sayapnya itu belum jadi ratu semut rangrang dan ketika bercampur dengan beda koloni biasanya akan mati. Itu semut dari alam dapat baru atau sebelumnya sudah ada kemudian mas tambah semut dari alam ?

    ReplyDelete
  19. Mas Bro, mau nanya kalau diternak dengan kondisi cuaca yg agak panas (saya di Bekasi) bisa berhasil nggak ya?

    Bisa minta no telp Mas Bro
    muhammad_arfan30@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini juga panas mas, ada atapnya bisa mengurangi panas secara langsung. Masalah berhasil nggaknya aku gak bisa menjamin. Kita sama sama belajar.

      Delete
  20. Apakah ikan asin cocok untuk makan semut rangrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba saja, hati hati kalau ada predator pemangsa ikan asin.

      Delete

flodesta