Cara mengurangi semut rangrang jatuh

Bagaimana cara mengurangi semut jatuh di tanah? Untuk pemula masalah ini merupakan problem yang masih banyak terjadi. Mengapa bisa demikian sob? Bagi teman-teman yang sudah membuat media ternak kroto dari rak toples semut rangrang tentu pernah mengalaminya.

Selama ini flodesta selalu berupaya untuk mengatasi hal-hal buruk yang akan terjadi. Kesalahan bukan berarti kita gagal. Justru kita sering dapat masalah, kita akan mempunyai pengalaman jauh lebih berharga. Pokoknya mencari terus solusi terbaik

Cara Mengurangi Semut Jatuh ke Tanah

Cara Mengurangi Semut Jatuh ke Tanah

Masalah pasti akan selalu kita hadapi seiring berjalanya waktu. Mas bro akan selalu ingin terus belajar mencari cara yang simple dan tidak ribet. Karena saya sendiri merasa belum sebaik anda, masih banyak kekurangan.

Dari share teman teman banyak yang mengeluh demikian, Mas bro kenapa semutku banyak berjatuhan di  tanah atau lantai ya, terus apa penyebabnya?"

Penyebab semut rangrang jatuh ke tanah :

1. Rak toples tidak permanen

Pada media rak semut jangan sampai goyang-goyang yang bisa menyebabkan lama-lama akan roboh, kemudian perlahan-lahan rak menempel didinding. (fatal banget euy....).

2. Tatakan air terlalu deket dengan kaki rak

Sebisa mungkin tatakan air dipasang agak lebar. Tatakan terlalu dekat dengan kaki rak menyebabkan semut rangrang bisa melewati pengaman tersebut. Misalnya menggunakan piring plastik

3. Tepi rak kroto

Pada sisi tepi rak paling bawah juga harus diolesi oli semua sekelilingnya (kalau diperlukan). Jika design rak semut  anda bersusun atau tidak sama saja. Disini biasanya semut akan berkumpul dan bergelatungan paling banyak di bawah sehingga jika terlalu berat mereka bisa jatuh di tanah. Peristiwa ini biasanya terjadi waktu pertama kali pemindahan sarang semut rangrang dari alam kedalam rak toples. Maka dari itu oli bisa mengurangi semut yang berada ditepi rak.

4. Rak kroto terlalu kecil

Mengapa rak kroto harus dibuat lebih lebar supaya pergerakan semut lebih leluasa. Kalau koloni semut rangrang  besar tetapi rak krotonya kecil bisa menyebabkan semut berhamburan keluar karena melebihi kapasitas, sesuaikan dengan koloni semut rangrang.

5. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman semut sangat penting and wajib. Mengapa? Kalau semut sampai kekurangan bisa gawat. Semut rangrang akan berusaha kabur karena harus mencari makan karena kelaparan. Makanan dan minuman semut rangrang adalah kebutuhan yang sangat vital jadi jangan dianggap gampang. Kekurangan bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan semut rangrang kurang bagus.

6. Pertempuran semut beda koloni

Pertempuran semut beda koloni juga bisa menyebabkan semut rangrang bisa jatuh di tanah. Pada saat kita memindah semut rangrang dari alam biasanya saling serang rata-rata kan selalu beda koloni. Pada saat itulah semut ketika berda ditepi rak semut saling gigit menggigit bisa jatuh ke bawah.

Pengalaman Mas bro sangat sedikit sekali yang berjatuhan di tanah.(sudah terbukti walaupun hanya menggunakan meja kecil ukuran 1x1 m bukan susun). Silahkan dicoba dan pelajari sebelum mengalami kejadian seperti di atas banyak semut jatuh di tanah.

Bentuk atau design rak toples sebagus apapun tetapi tanpa pengamanan yang baik saya kira percuma saja. Oke sobat, semoga bisa bermanfaat tentang cara mengurangi semut rangrang jatuh di tanah . Ojo lali cendole gan. Matur nuwun

Baca juga

17 comments:

  1. masss.,., saya mau nanya,., selama ini.,.,sampeann kasih makann apa semut sampean,,,///????? kalo punyaq tak kasih makann belalang,, jangrik,,cicak dan bahkan kodokk.,.,jadi baunya gak enak.,., mohon pencerahannya mass.,.,

    ReplyDelete
  2. @abdul munib
    Untuk makanan, saya masih menggunakan yang alamai saja.

    Belalang and jangkrik saya kira tidak terlalu bau tetapi kalau cicak dan kodok yang mungkin menyebabkan bau tidak enak. Jika sampai terjadi pembusukan di sebabkan tidak di makan. Ojo over.

    Bau yang masih dalam kewajaran tidak masalah, tetapi kalau sudah terlalu menyengat kemana mana bisa di bersihkan atau di ambil saja.

    suwun

    ReplyDelete
  3. salam semut gan, ni saya udah punya 30 toples dalam satu rak gan, yang saya mau tanyakan kalau di setiap toples ada ratunya itu bisa gak gan, trus kalau semmutnya nginjak olinya trus masuk ketoples apakah tidak berpengaruh ke krotonya, trimakasih dan mohon bantuannya.,

    ReplyDelete
  4. @mu zaki
    bisa,semut gak akan melewati oli.suwun

    ReplyDelete
  5. tanya om... saya coba tangkar kroto d luar rumah... hujan dan panas relatif sudah teratasi, tapi kadal, dan tikus.....????
    kasihan si kecil kalo harus berebt makanan dengan 2 bianatang raksasa ini :P

    satu lagi oli saya sering hilang tiap kali keguyur hujan.. sebenarnya kpengin coba abu dan arang sbagai pengganti oli, tapi... hujan tetap bisa jadi ancaman untuk keduanya...

    bisa bantu kasih solusi dong om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba atap penutup rak (kalau menggunakan rak) dibuat lebih lebar dari diameter raknya. suwun

      Delete
  6. Pagi Mas, mau nanya Mas... ratu sy kok berhenti bertelur ya Mas, media rak 20 toples sosis... perut ratu jd langsing, padahal waktu br dpt dr alam perutnya besar.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam mas adi , kebetulan mas bro jawabnya malam. Untuk ratu tidak bisa bertelur secara nonstop. koyok mesin ae.. :>)
      Artinya ratu ada masanya tidak bertelur setelah mengeluarkan telurnya semua. betul mas ratu selanjutnya akan kembali langsing.

      Delete
  7. Bro yang baik hatinya. Saya phk-an, dari sebuah peruhahaan. Sy ingin usaha untuk nyambung hidup yang halal. Telah saya baca beberapa artikel tentang kroto. Ternyata FLODESTA, merupakan artikel Blog yang lengkap dan memberikan informasi yang menyeluruh dan tidak ada yang disembunyikan. Dan paling sukanya Anda tidak sombong dalam memberikan ilmunya. Semoga Allah memberikan imbalan berlipat ganda kepada Anda.
    Saya perlu nanya, untuk 1.tempat rak ideal (sperti sobat diatas 30 toples) perlu berapa luas lahan nya, maklum di Jakarta, tempatnya sempit2. 2.Dengan 30 toples, hasil nantinya (bila normal) akan menghasikan kira2 berpa kg.kroto. 3. Kata ahli ekonomi, hitung2 dulu minimal pulang modalnya berapa toples.Sekian dulu. Salam semut!Tiwa.

    ReplyDelete
  8. Mksih mas bro ilmunya. Saya baru mau memulai ternak kroto. Semoga Allah membalas semua ilmu yg telah dibagikan ke kita semua..aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, jangan lupa kalau sudah bisa berbagi ilmu ternak kroto dengan yang lain. Kita belajar bersama untuk menjadi lebih baik.

      Delete
  9. Salam Mas Bro, apabila semut sudah jatuh di lantai, sebaiknya di buang atau di kembalikan ke kandang/rak semut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam mr.jajang, semut rangrang jatuh dari lantai bisa di kembalikan lagi, kalau bisa dalam mengambil jangan tersentuh kulit tangan.

      Delete
    2. Trim's Mas Bro, selama ini lansung comot pakai tangan, wal hasil semutnya sempoyongan, trus dihajar sama temennya, mohon di share cara yang efektif agar semut selamat bergabung dengan kelompoknya.

      Delete
    3. @jajang saya rasa itu sifat alami semut yang mengenali koloninya dari bahan kimia yang mereka keluarkan, yang di tangkap melalui antenanya, jika semut kita sentuh dengan tangn otomatis akan terkontaminasi bahan kimia dari tubuh kita yang akan asing oleh koloni semut tsbt, hingga sensor mereka mendiagnosa kalau tmannya yang kita ambil pake tangan langsung bersntuhan sama kulit adalah ancaman, itu sebbnya dya akan di serang oleh sesama koloninya.

      Delete
  10. Bner2 luarbiasamas broo trimakasih ilmunya.. Barokalloh

    ReplyDelete
  11. Ilmu yang bermanfaat jadi amal jariyah amin

    ReplyDelete