Awas !! Calon Ratu Jangan Dicampur

Awas !! calon ratu semut rangrang jangan dicampur. Apakah anda pernah mendapatkan calon ratu yang dibilang itu adalah ratu semut rangrang. Menurut sobat itu adalah ratu tapi ternyata setelah digabung dengan beda koloni masih di serang. Kenyataan di lapangan calon ratu apabila dicampur akan diserang oleh semut yang beda koloni.  Faktanya memang begitu, seperti pengalaman flodesta dan teman-teman pada awal ternak koto  yang sudah membuktikan.

calon ratu semut rangrang

Calon ratu semut rangrang yang identik dengan bentuk besar, bersayap, warna hjau atau coklat memang sangat membingungkan bagi kita orang awam. Menurut sebagian orang itu sudah ratu atau biang atau master. Setelah dipraktekan ternyata tetap ditarik sana-sini sama anggota semut rangrang, sehingga lama- lama akan mati.


Untuk lebih jelas dan lengkap bisa di liha ratu semut rangrang.

Semoga bermanfaat tulisan saya tentang "awas !! calon ratu jangan di campur dengan semut berbeda koloni" Ojo lali cendole bro...Matur nuwun

25 comments:

  1. Gan saya mau tanya nih, sebenarnya saya juga peternak kroto, dirumah saya ada 100 toples kroto ukuran sedang. Tapi beberapa hari ini banyak sekali kroto yang berjatuhan lalu pada mati, setelah itu kroto saya hanya tinggal 20 toples saja yang masih bertahan dan juga tidak mau berproduksi. gan kenapa kroto saya pada nggak mau produksi lagi ya?, apa karena umurnya semut dah terlalu tua ya..?? atau karena makanan kroto saya terlalu dikit, padhal udah saya beri gula dan ulat hongkong.., tolong dijawab ya sob..

    ReplyDelete
  2. Mau tanya Mas Bro :
    - bisakah calon ratu dibesarkan tersendiri lepas dr koloninya..???
    - ato kalo kita mendapatkan calon ratu dr penjual kroto bagaimanakah cara membesarkannya..???
    Thank's Mas Bro...!!!

    ReplyDelete
  3. Di tempat saya banyak masbro sarang semut rang rang"
    Jd saya tertarik untk mmpelajari bagaimana cara budidaya di dlm toples"
    tank's

    ReplyDelete
  4. thank atas ilmu nya gan! saya mao coba ah,,,,.... mudah2 bisa berhasil dan sukses.....

    ReplyDelete
  5. pengen banget blajar ternak kroto

    ReplyDelete
  6. hebat lah c' mas brow...... ternak semut rangrang... gmn skr mas brow?? pasti sudah kebal kena gigitan cemut-cemut kecil imut-imut tapi pedes..

    waturnuwun mas artikelnya.. tinggal buka dikit jozzzz.... sarapan pagi yg berisi pengetahuan... lanjutkan perjuangan nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas broo sy punya master ratu.
      Klw sy satukan ke rak yg banhak caltj nya bagai mana bisa ga mohon jawaban mas bro. Suhun

      Delete
    2. Ada semutnya? Kalau ada pasti di serang itu ratu. Maturnuwun

      Delete
  7. mas kalo bersayap tapi warnanya hitam ... Calon ratu kah ? Saya bru dapet sarang hari ini, dan g ada ratunya ... ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecil apa besar? Gpp besok cari lagi...

      Delete
  8. sy sudah coba ambil kroto dr 1 pohon mangga ada bnyak sarangnya, sudah sy ambil bnyak sarang tp kecil' dan gk ada ratunya
    besoknya sy cri lg d pohon yg lain, tetep gk dapat ratu, dan tiap 1 pohon sy taruh d 1 toples
    sulit bener nyari ratunya ya mas bro

    dr pertama ambil dr pohon, trus sy tarus d nampan, di nampan sarngya sudah sy rusak dan sy buangi daunnya, kemudian sy kasih kayu sbg jembatan ke toples yg sudah sy kasih makan dan minum d atas toplesnya.
    pertanyaannya : toples tersebut dalamya di biarkan kosong apa d kasih ddaun supaya semut bisa cepat buat srang d dlm toples????
    mohon bantunnya mas bro
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau di kasih daun juga gpp (jangan banyak banyak), gak di kasih juga gpp. :>)

      Delete
  9. mas kalo koloni yang belum ada ratunya pas di alam terus di pindahin ke toples apa bisa membuahkan sang ratu

    ReplyDelete
  10. slmt mlm mas ,saya d rumah budidaya juga semut rangrang & sudah menghasilkan telur ratu juga tpi knp y ko setelah jadi larva malah hilang cuma ad bekas larvanya saja yg lg d makanin semut prajurit,,apakah d makan larva trsebut oleh prajuritnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau larva dari hasil koloni semut rangrang tersebut tidak di makan kecuali di dapat dari koloni lain. Mungkin ada penyebab lain yang bisa di amati sendiri oleh San Tomi.suwun

      Delete
  11. Gan, sy br mulay ternak semut rangrang, sy mo tanya klo ratu semut rangrang itu di butuh kan 1 ratu dalam 1 toples, atau 1 ratu dalam 1 rak budidaya supaya menghasilkan telur lebih bnyk? Trima ksh ats jawaban nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada larangan silahkan kalau memperbanyak ratu, belum tentu nantinya akan hidup semua

      Delete
  12. mas bro, setelah kroto dipanen biasanya berapa lama bisa bertahan diluar sarang?? apakah jika terlalu lama disimpan warnanya bisa berubah menguning??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diawetkan dalam kulkas bisa bertahan berhari hari mas (konsumsi sendiri) tetapi kalau di jual biasanya gak sampai sehari harus habis (lebih dari itu berbau tidak fresh lagi)

      Delete