Makanan utama semut rangrang

Makanan utama semut rangrang tidak lepas dari kandungan protein dan gula. Ternak kroto di rumah juga harus bisa mengimbanginya walaupun tidak sama seperti di alam.

Makanan utama semut rangrang yang mengandung protein, bisa kita berikan jangkrik, cicak, cacing, kecoa, ulat hongkong, ulat kandang, belalang. Untuk makanan semut di alam contohnya tulang ikan, tulang ayam, tulang sapi dan sisa-sisa makanan.

makanan semut rangrang

Gambar di atas adalah makanan semut rangrang yaitu ulat hongkong. Itu adalah stock makanan sehari-hari. Karena saya gak mau repot harus menambah setiap mau habis, jadi saya sediakan banyak. 

Selain makanan ulat hongkong tentu masih ada lagi yaitu ulat kandang (uler balap). Teman- teman bisa lihat fotonya di bawah ini.

makanan semut rangrang

Makanan semut rangrang harus kita sediakan setiap hari, pokoknya selalu ada. Berikan makanan semut rangrang secara variasi jangan satu macam.

Pemberian makanan yang banyak, sehingga kita tidak perlu memberikan makanan lagi selama berminggu minggu bahkan bisa sampai satu bulan. Buatkan tempat tersendiri untuk makanan.
 
makanan semut rangrang

Untuk minuman semut rangrang jangan sampai terlambat apabila tidak ingin repot kasih saja minuman yang banyak ditempat lebih besar bila sarangnya banyak. Jadi setiap hari tidak perlu isi ulang jika anda tidak punya cukup waktu alias sibuk. Okey cukup dulu ya... Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa cendolnya ya.. Terimakasih

Baca juga : Minuman semut rangrang

29 comments:

  1. mas Bro,alamatnya mas mana semarangnya?saya jg semarang mas,saya boleh nggak kerumag mas bro?

    ReplyDelete
  2. orang ky gini nih ga pelit ilmu....semoga masbro selalu diberikan kesehatan, barokah, banyak rizki oleh Allah SWT...amiiiiiin...makasih masbro

    ReplyDelete
  3. salam kenal mas bro, gelas yg ada di gambar itu apa isinya cairan air + gula saja ? apa semut rang2nya masih perlu tambahan air minum mas bro ? mohon pencerahannya, matur nuwun.

    ReplyDelete
  4. masih tahap baca2 dulu gan, mendalami teori dulu,
    mksh infone ya :-d

    ReplyDelete
  5. maksih infone gan :-d

    belajar tori dulu , kalo dah siap mental baru praktek.

    salam kroto

    ReplyDelete
  6. Nice Inpo Mas Bro,sekalian ane mau tanya:tulang untuk makanan sang kroto-tulang yang sudah direbus atau tulang yang masih segar+mentah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan untuk jenis tulang cocoknya ada di alam mas, tapi kalau untuk variasi rapopo.

      Delete
  7. kira2 modal awal brp ya mas bro?
    dpt ratu rangrangnya dri mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah mas kalau mau cari semut rangrangnya di alam. Untuk rak bisa pakai beli kayu atau memanfaatkan yang ada kalau punya. kemudian untuk toples bisa pakai bekas bekas yang tidak terpakai, tidak harus beli mahal dan bagus.

      Ratu semut rangrang bisa cari di alam atau beli

      Delete
  8. kalo makanan asal tidak mati dan busuk bisa sampek habis, tapi untuk air minum7gula , bila dikasih banyak selama tidak sebagai tempat sampah si Rang rang, bisa aman untuk koloni itu sediri sampai berapa lama ya,, mas Bro.? Suwun banget.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum Air gula kalau bisa sampai habis jika terjadi penumpukan terlalu lama akan mengeras dan berbau sehingga semut kurang bersemangat.

      Delete
  9. SalamKroto
    Ilmu yang bermanfaat Mas Bro,,,smoga barokah
    #YNWA

    ReplyDelete
  10. salam kenal mas Bro..
    saya mau nanya ni, kenapa ya semut saya tak kasih minuman air perasan tebu kagak doyan ( gak sedoyan sama air + gula pasir). padahalkan tebu bahan baku utama dari gula pasir. mohon pencerahanya. terima kasih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kira mencoba hal hal baru demi perkembangan semut rangrang itu bagus, tidak ada salahnya ber eksperimen sendiri. Tetapi kalau memang semut rangrang tidak mau apa yang kita berikan jangan di paksa, kasih saja yang sudah pernah di uji coba selama ini. Mas bro sendiri belum pernah memakai air tebu, sementara ini masih menggunakan air gula pasir.

      Ayo bagi teman teman yang mempunyai pengalaman seperti hendrik jenggot bisa di share disini mungkin ada yang berbeda. suwun

      Delete
  11. Nangkrang ane tak pakan iwak lele segar,produksi kroto melimpah mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kepada Amin Nr mau berbagi kepada kita semua. Sekali lagi bisa menambah informasi tentang makanan semut rangrang. Pastinya bisa bermanfaat untuk perkembangan semut rangrang yang kita ternak.

      Semoga amalmu menjadi berkah. Amin

      Delete
  12. Mf om pd mula ny pakan semut itu sll dibw kedlm toples shgg menimblkn Bau.jd semut ga padt..
    Solusi pakan yg baek juga rumusan probiotiknya apan om... mhn dizinkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin toplesnya terlalu lembab sehingga sisa makanan tidak bisa kering.

      Delete
  13. Mas bro punya saya kok banyak yang tewas ya, lagi tahap awal ni..apa solusinya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semutnya baru dicampur ya mas ? atau sudah lama ?

      Delete
  14. Masbro, kug semut saya nggak bikin sarang ya? padahal udah 2 minggunan tuh saya tangkep dari alam dan juga dianya nggak mau ngambil makanan yang udah disediain, kalau minumanya mah mau. Ada solusi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada telur, larva gak, tanpa adanya itu dia gak akan bertahan lama dalam bersarang. Semut hanya mondar-mandir sana sini karena tidak ada yang dirawat sehingga semut tidak akan bersarang.

      Delete
  15. mas bro klo misalnya beli semut rangrang terus beli semut lagi, tapi dalam jangka waktu yang lama....dan di campur,, apakah semut akan tetap perang dan mati......??? (tempat belinya sama / masih 1 koloni / 1 peternakan).....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih perang mas. Coba test satu toples dulu untuk dicampur nanti lihat reaksinya. Jika kondisi aman bisa tambah lagi dan seterusnya. Matur nuwun.

      Delete
  16. Alhamdulliah semoga barokah mas atas pengalaman dan ilmu yang di share dalam bidangnya... smoga bermanfaat untuk saya dan semua amin...

    ReplyDelete
  17. Mas Brow apa sih yang membedakan semut ratu dan semut biasa?mohon infonya makasih mas brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lihat secara langsung sangat berbeda sekali. Ratu lebih besar.
      Maturnuwun

      Delete