Cara supaya ratu semut rangrang tidak pindah

Kali ini flodesta akan berbagi pengalaman tentang cara supaya ratu semut rangrang tidak pindah ke toples lain. Untuk sobat  yang sudah mencoba ternak kroto mungkin pernah mengalami ratu semut rangrang berpindah ke toples lain sehingga menyebabkan jadi kosong.
Apabila toples banyak yang kosong percuma saja ditempatkan di rak. Karena kita tidak tahu mana tempat yang dianggapnya nyaman oleh semut rangrang. Kita hanya berusaha semaksimal mungkin membuat sarang semut rangrang buatan supaya nyaman untuk tempat semut ranggrang.

Menurut  saya tempat yang nyaman adalah tempat yang ada ratunya. Karena para prajurit selalu mengikuti ratu kemanapun pergi. Tetapi tidak selalu semut rangrang ini tidak nyaman tanpa ada ratu.

Bagaimana caranya sekarang supaya ratu tidak pindah ke toples lain dalam satu rak? Oke sob akan saya coba langsung beritahu caranya :

Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)

foto by kroto kerangga


Cara pertama

Siapkan toples kosong dan solder (memudahkan untuk melubangi toples) Sebelum kita memasukan sarang baru coba lubangi toples sebesar lubang solder (intinya ratu tidak keluar). Buat lubang sekitar diding toples dan atas toples secukupnya saja (harus pakai tutup toples). Kalau semut prajurit dan semut pekerja memang kita biarkan keluar masuk untuk membawa makanan dan mengeluarkan kotorannya sendiri.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada semut rangrangnya?. Gampang sob, coba persempit lubang tersebut dengan cara menutup sebagian lubang yang lebar dengan solasi atau plester sehingga hanya bisa untuk keluar semut bukan ratunya.

Perhatikan toplesnya jika terjadi penguapan atau terdapat embun di dalam toples segera berbanyak lagi lubangnya.

Bagaimana cara memberi makananan ternak semut kalau lubangnya sempit?. Untuk cara yang ini sudah flodesta bahas pada postingan sebelumnya.

Cara kedua

Teknik yang ini merupakan masukan dari teman-teman flodesta yang share kepada saya. Caranya adalah membuat tempat khusus untuk ratu. Jadi begini, untuk toples utama kita biarkan tetep ada cuma hanya menambahkan toples kecil diatasnya untuk tempat ratu saja. Untuk lubang toples ratu tetep kecil seperti cara yang pertama.


Bagaimana sobat, apakah sudah ada gambaran masuk kedalam pikiran anda. Cara mana yang bisa dipilih. Semuanya Mas bro serahkan pada sedulur kabeh. Karena Mas bro tidak bisa memaksa dengan salah satu cara diatas. Pilihlah mana yang menurut anda enjoy. Semoga ilmu ini ada manfaatnya. Jangan lupa cendolnya ya..Matur nuwun.

7 comments:

  1. nice thread gan,,kemarin dapt ratu lgs ane gabungin ke sarang berbeda koloni,ratu tsb langsung disambut meriah di boyong ke dalem sarang kekna pesta tu para semut dpt ratu baru..hehe

    ReplyDelete
  2. Mas q mau tanya kadal ma tokek tu apa suka semut rang rang.

    ReplyDelete
  3. @sagis nur baskoro

    Saya belum pernah melihat mas.Kebetulan kadal ma tokek gak masuk rumah. Setahu saya hanya cicak.

    ReplyDelete
  4. Bos Saya coba pakai cara pertama Ratu dibantai ama semut pekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang sudah ada ratunya atau kondisi ratu sudah diterima. Bukan dari penambahan ratu dari luar koloni. Matur nuwun

      Delete
  5. Mas bro, sy mau tanya
    Sy menempatkan ratu seperti cara yang pertama, tapi sudah lama (krg lebih 1-2 bulan) sy tidak melihat ratu semut tsb bertelur, mohon pencerahannya

    ReplyDelete