Media ternak kroto selain toples

Media ternak kroto selain toples, pipa paralon (pralon), bambu dan botol yaitu pohon itu sendiri yang sesuai dengan habitat aslinya. Media ternak kroto di pohon juga pernah flodesta lakukan. Kita bisa manfaatkan pohon disekitar rumah untuk media ternak kroto.

Ternak Kroto

Bagaimana supaya semut rangrang tidak pindah ke tempat lain. Tentu kita harus berpikir jenius agar semut rangrang tidak jalan-jalan. Piye carane ya? Gampang bro, cukup hanya membuat pembatas dari cor semen atau kolam kecil yang mengelilingi pohon.

Dengan membuat pembatas air, semut rangrang tidak akan keluar. Untuk menghindari masalah dengan air, makin lama air bisa menimbulkan dampak buruk yaitu untuk bersarang dan berkembangbiak jentik nyamuk. Biar tidak menghasilkan nyamuk dberi ikan, terserah mau diberi ikan apa. Ikan salmon juga boleh..wkwkwkw...

Pohon apa yang bisa kita manfaatkan?. Pohon yang memiliki daunya lebar. Pokoknya yang ada didekat rumahmu atau punya lahan dan pekarangan luas.

Dari segi perawatan jelas lebih ringan dan mudah. Seumpama sampai telat memberi makan, alam sendiri sudah menyediakan makanan.

Apakah kita tetap menyediakan makanan?  Itu Tidak wajib, kalau sempat. Makanannya cukup di beri tulang ayam. Cara nya di gantung atau cukup di letakkan saja di batang pohon, ingat jangan di tanah. Enteng to....

Semoga bermanfaat. Matur nuwun.

9 comments:

  1. Mau nanya nih Den Mas. Semoga berkenan menjawab. Saya punya beberapa toples yang saya taruh di rak yang berbeda. Suatu saat saya pindahkan toples tersebut menjadi satu rak. Namun yang terjadi adalah toples yang baru saya pindahkan tersebut pindah bin boyongan bedhol desa pindah ke toples yang lain sama telor – telornya diangkut. Gimana caranya agar semut tak pindah ke lain hati? Maksudnya pindah toples. Perlu diketahui bahwa semut tersebut asalnya saya ambil dari alam dalam satu pohon yang sama. Matur tengkyu, sembah nuwun

    ReplyDelete
  2. @Kateno

    Bisa di katakan bahwa menempatkan semut rangrang di tempat rak sama saja dengan media pohon, pergerakan semut sangat bebas dan bisa kemana mana. Tentunya semut akan berpindah pindah semau udele.

    Menurut saya sih kita biarkan saja toh nantinya juga akan pindah lagi.

    Apakah toples yang di tinggalkan ada ratunya?
    Jika ada ratunya coba kita buat supaya ratu tidak bisa keluar dari toples. toples kita buat lubang lebih banyak sebesar semut prajurit( cara saya) sehingga ratu tidak bisa pindah dan semut aparat pasti akan setia menunggunya.

    Maturnuwun alias 2x sembah nuwun.

    ReplyDelete
  3. maseee.,,. aq kpengen mekokk.,., tp nggo boso jowo ae yo mass.,.,., critaneeee kiii semutku ki podo peranggggg.,. semut sing lawas ambi semut sing anyrann.,., aku bingung piye lek ngatasi mas,.,.,., piyeeee kiii.,., mhon bantuan akuuuu masss.,., !!!!!!

    ReplyDelete
  4. @abdul munib

    woooooi......
    Dijupuk ae semut sing anyar ojo di campurke sek yow, perlu di karantina kuwi ben tenang disik.

    Maturnuwun

    ReplyDelete
  5. mas broo@ wahhhhhhhhh sarane guk sampean wis tak caknooo maseee.,., tibaknooooo iyooo kiii.,. penerrrrr sampeann.,.,. hehehehe matur nuwuuunnnnn,..,. kapan2 tak traktir telo rambat areppp maseeee ???

    ReplyDelete
  6. @abdul munib

    hayah.....
    sembarang mas, sak iklasmu.
    Maturnuwun.

    ReplyDelete
  7. mas.,. setelah saya amati.,. induk semut kok jarang makan or minum yahh.,., itu gmn mas.,. ?? apakah dikasih makan semutn prajuritnya nya ato gmna ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kasih makan or minum aparatya mas. Maturnuwun

      Delete
  8. pak de, mau nanya bolehkan. saya dah 6 pereiode nyoba dirak tapi setiap musim ratu kawin selalu dikanibalin dg koloninya jadi regenarasinya putus. dan saya baca di net kalau ratu adalah ibu dan anak2nya. jadi setiap kawin dia MENGASINGKAN diri dan bertelor dan membesarkan anak2nya sampai menjadi koloni. pernah sayapnya saya potong tetap dikanibal. rak saya buat 40 x 60 x 200 cm tertutup ram nyamuk. wonten solusiny mboten pak de? maturnuwun.

    ReplyDelete