Menyatukan Ratu Semut Rangrang

Salam kroto. Apakah ratu semut rangrang bisa kita campur dan disatukan kedalam tempat toples berbeda koloni ?. Pertanyaan yang pernah timbul dibenak Mas bro ketika pertama kali eksperimen ternak kroto atau budidaya kroto. Setelah Mas bro coba memindahkan ratu semut rangrang, apa yang terjadi? ratu semut rangrang disambut dengan senang dan dikerumuni banyak semut prajurit dan pekerja.

Ratu Semut Rangrang

Syarat di atas sesuai dengan kondisi waktu itu memang di dalam koloni semut rangrang lama belum ada ratunya. Jadi kalau sobat ingin mencoba menyatukan ratu semut rangrang sebelumnya belum ada ratunya. Bagaimana kalau sudah ada ratunya Mas bro? Pengalaman selama ini memang dalam ternak kroto kalau sudah ada ratunya dalam satu rak semut biasanya akan mati bila ditambah.

Tidak semua pengalaman dari saya akan sama dengan realita di tempat sobat bahkan ada yang mencampur dalam satu media ratu semut rangrang juga bisa hdup semua. Menurut mas bro memang bisa dikatakan perbandingan 50:50 hidup dan mati.

Berbeda jika sobat ingin mencampur dan menyatukan calon ratu semut rangrang bukan ratu loh ya. Kalau calon ratu ini tidak akan bisa menyatu dengan koloni yang berbeda. Mereka akan dihajar, dibantai  habis habisan. Kejadian ini pernah juga saya coba dan praktekan. Tenyata calon ratu semut yang saya tempatkan di toples berbeda koloni habis dimakan tanpa sisa oleh semut rangrang yang ada di toples. Kira-kira saya masukkan ada sekitar 10 calon ratu (eman eman banget) karena baru pertama kali mencoba dan kurangnya pengetahuan tentang ternak kroto (banyak yang dirahasiakan). Beda donk di blog flodesta yang akan Mas bro kupas tuntas secara lengkap.

Saat itu Mas bro hanya memiliki  beberapa ratu saja. Ratu semut selalu saya pindah-pindah disebabkan toples yang ada ratunya sudah banyak telurnya kemudian saya masukkan ke toples yang belum ada telurnya. Kalau sobat mempunyai ratu semut rangrang yang berbeda koloni. Bisa dicoba, apakah postingan ini sesuai dengan kenyataan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa setelah membaca...ojo lali cendole... Matur nuwun

2 comments:

  1. perbdaan calon ratu dan ratu yg sudah jdi,dpt di lihat dari apanya mas bro..?

    ReplyDelete
  2. @subhan hakim
    calon ratu ada sayapnya dan ratu tidak bersayap

    ReplyDelete