Jangka Waktu Untuk Panen Kroto

Salam kroto. Berapa jangka waktu panen kroto, apakah setiap hari, minggu, bulan? Pertama kali budidaya ternak kroto mas bro hanya mempunyai satu toples sarang semut rangrang yang dapat dari alam. Tentunnya tidak bisa langsung di panen, karena kroto saya ambil semua sebelum mas bro masukkan ke dalam sarang kroto toples. Dimana untuk membuktikan apakah semut rangrang yang kita ternak mau produksi dan menghasilkan telur  yang nantinya akan terlihat. Ada ratunya loh.. Kemudian mas bro biarkan selama satu bulan baru bisa menghasilkan kroto siap panen.


Setelah tahu menghasilkan telur semut, akhirnya mencoba menambah lagi toples plus ratu semut rangrang di setiap sarang. Alhasil waktu panen jadi berkurang. Berhubung sarang semut rangrang sudah berkurang dan langka di jumpai di daerah mas bro. Eksperimen saya hentikan sementara menunggu dapat pasokan lagi dari alam, penjual kroto dan pemburu kroto. Sedangkan hasil kroto, mas bro hanya di konsumsi untuk kalangan sendiri. Sekedar informasi  sekarang pasokan kroto untuk kota semarang (khususnya) di dominasi dari luar kota. Kadang kadang sih...

Jika sobat hanya mempunyai satu toples untuk proses panen kroto akan membutuhkan waktu lama. Berbeda kalau mempunyai  sarang semut rangrang banyak. Anda bisa kumpulkan kroto dari setiap sarang, nanti hasilnya pasti lebih banyak. Misalkan saja 50-100 toples semut rangrang peluang untuk  hasil kroto juga lebih banyak dan jangka waktu panen kroto yang di butuhkan akan lebih pendek.

Sekarang kalau sudah tahu kapan waktunya untuk panen kroto saatnya tahu juga bagaimana cara panen kroto media toples

Kesimpulan: apabila ternak kroto jangan tanggung, perbanyak sarang semut  rangrang supaya dapat hasil yang memuaskan. Anda bisa mengatur jadwal sendiri, kapan waktu untuk panen kroto. Apakah setiap hari, minggu atau bulan. sak karepmu.

Semoga bisa menambah ilmu tentang ternak kroto. Jangan lupa setelah membaca artikel tentang jangka waktu untuk panen kroto, share ya....ojo lali cendolnya....suwun

Share :

12 komentar:

  1. waturnuhun gan,tp tiap toples, da brp ratu

    ReplyDelete
  2. Setelah dipanen pasukan semut serta ratunya dikemanakan dibuang atau dimasukan kebali ke toples...thx u

    ReplyDelete
  3. @Brembionez
    betul sekali, dimasukkan kembali ke dalam toples. toplesnya di bersihkan dulu dari sisa sisa kotoran atau jaringnya.

    ReplyDelete
  4. mas bro.. kalo mulai ternak kroto dengan bibit beli, berapa lama proses panen awalnya..
    soalnya masih baru mulai, dan mau beli bibitnya...

    ReplyDelete
  5. @brasbuke
    sementara saya tidak jual bibit. coba bisa di tanyakan kepada penjual bibitnya.suwun

    ReplyDelete
  6. mas bro..alhamdullilah udah melangkah ternak
    kroto ni mas.. tapi cma dikit, ku awali dngan 10 toples sosis.. rencananya mau aku perbanyak dlu.. mas bro.. kalo 1toples sosis bisa menghasilkan berapa ons ya, dalam waktu 1bln..
    di tunggu postingan kroto berikutnya... salam kroto.. sukses selalu..

    ReplyDelete
  7. Mas bro mau nanya... Solusi semut tidak mau telur gimana ya.. Soalnya saya ada 30 tpls dulu mau bertelur semua, tapi udah 1bln ini tinggal 2topls yg ada tlrnya.. Dulu memang pernah stres gara2 obt nyamuk semprot.. Tlng pencerahanya..

    Salam kroto

    ReplyDelete
  8. @brasbuke
    masbro belum pernah pakai toples sosis.

    @Mgi Aelah
    usahakan pakai ratu,jangan di semprot lagi dah.suwun

    ReplyDelete
  9. dear mas bro,
    mau nanya, untuk ukuran toples yang efektif dan efisien (tempat dan waktu) untuk ternak semut rangrang dalam jumlah banyak itu yang berapa liter yah ? matur thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran toples kecil saja mas gak usah besar besar.

      Delete
  10. gan makanan yang bagus buat semut kroto apa yach??

    ReplyDelete