Lubang Toples Sarang Semut Rangrang


Salam kroto. Mengapa masih saja ada yang masih bingung membuat lubang toples sarang semut rangrang. Banyak dari teman kita yang ingin belajar ternak kroto, tetapi untuk melubangi sempat mengalami masalah yaitu dimana letak lubangnya. Padahal pada jagosemua membuat lubang (maksudnya lubang toples). Sebenarnya sangat mudah sekali membuat lubang toples semut rangrang.

Gambar  Lubang Sarang Semut di Toples

Kali ini Mas bro akan coba jelaskan dengan gambar :
  • Pertama, gambar di bawah adalah tampilan untuk lubang bagian atas. Jika posisi toplesnya dibalik. Jadi tutupnya berada di bawah, fungsinya untuk membawa masuk  makanan atau mengambil minum.

Gambar  Lubang Sarang Semut di Toples

  • Kedua adalah tampilan lubang untuk gambar toples bagian tengah. Lubang kecil yang ada ditengah adalah sebagai tambahan jika memang sirkulasi udara masih kurang. Pada lubang tersebut semut rangang tidak bisa  keluar melalui lubang tersebut. Lubang kecil bisa ditambah lagi lebih banyak. Tidak ada masalah, semakin banyak lubang udara akan semakin baik. Sebenarnya terlalu banyak lubang di toples akhirnya juga ditutup jaring oleh semut.

 Gambar  Lubang Sarang Semut di Toples

  • Ketiga, adalah tampilan lubang untuk gambar bagian bawah toples.

Gambar  Lubang Sarang Semut di Toples

Untuk lubang di bawah fungsinya untuk membuang kotoran semut rangrang dengan mudah sehingga tidak akan terjadi penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan pembusukan. Sehingga semut rangrang dalam membuangnya tidak harus naik keatas. Karena semut rangrang akan sedikit kesulitan naik keatas dengan membawa sisa-sisa makanan atau kotoran yang akan dibuang disebabkan terhalang oleh sarangnya sendiri.

Pada dasarnya gambar lubang toples semut rangrang di atas adalah sebagai contoh saja. Lubang toples semut rangrang tidak wajib, seperti yang saya jelaskan boleh sembarang letaknya bahkan hanya satu lubang di bawah atau di atas tutup toples juga tidak masalah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman semua. Jangan lupa cendolnya ya...Matur nuwun