Berapa jumlah ratu semut rangrang paling ideal?

Berapa jumlah ratu semut rangrang yang paling ideal dalam satu toples?. Cukup panjang juga perjalanan flodesta untuk mengetahui tentang ternak kroto. Jangan menyerah bro untuk tahu lebih dalam mengenai ratu semut rangrang penghasil kroto.

Marilah berlomba-lomba untuk mencari cara yang terbaik. Saat ini memang sudah banyak sekali ilmu yang dibagi secara gratis di internet baik pengalaman pribadi atau pengalaman orang. Manfaatkanlah secara baik dan bijak, pelajari serta dipraktekan (action).

Berapa jumlah ratu paling ideal

Bagi pemula memang tidak mudah menerima ini, rasa tidak percaya pasti akan timbul di pikiran kita. Apalagi kalau diterima secara mentah tanpa mencoba serta mau mempelajarinya. Mari sekarang kita bahas mengenai berapa jumlah ratu semut rangrang paling ideal dalam satu koloni.

Beberapa waktu yang lalu sempat ada yang menanyakan pertanyan tersebut, tetapi saya belum sempat menulis di blog dikarenakan harus membantu teman-teman yang membutuhkan informasi tentang ternak kroto. Pokoknya sibuk banget deh sampe telingaku panas karo handphone sampai anget.

Banyak sahabat kita yang belajar di internet ternyata susah dikarenakan hanya tulisan saja. Di sini lain bro, blog flodesta selalu memberikan sajian artikel yang berbeda dengan lainya serta berupaya memberikan cara terbaik disertai dengan gambar yang jelas karena berdasarkan pengalaman. Sing enak enak wae lah, ojo digawe stres tetap smile teyusss.

Bila melihat pengalaman dari alam, saat mencari sarang dalam satu pohon mungkin hanya mendapatkan satu ratu semut rangrang bahkan sangat menyedihkan sekali sampai seharian tidak mendapatkan ratu. Capek rasanya, tapi kudu tetap sabar kalau mau usaha pasti ada hasilnya.

Tapi gpp sob, ingin berhasil pasti banyak tantangan yang di hadapi. Sekarang, mari kita aplikasikan ke dalam media penangkaran di rumah apakah bisa ratu semut rangrang diberi lebih dari satu dalam satu toples.

Berdasarkan pengalaman sebenarnya jumlah ratu paling ideal dalam satu koloni hanya satu ratu contohnya seperti di alam. Tetapi realitanya kondisi di lapangan berbeda. Ratu bisa dicampur lebih dari satu. Seperti punya saya ada yang hidup lebih dari satu ratu di dalam toples, sampai sekarang bahkan tidak mau pindah tetap adem ayem. Dan jika ingin setiap satu toples ada ratunya bisa kita buat tempat satu persatu saja jangan dicampur.

Kesimpulan

  • Ratu semut rangrang bisa hidup lebih dari satu di dalam toples. Untuk itu sobat jangan ragu untuk menambah ratu supaya peluang hasil kroto lebih banyak, tapi resiko ditanggung sendiri ya.  
  • Ratu semut rangrang merupakan motor penghasil telur terbanyak dan tercepat dibanding dengan semut rangrang lainya. Bisa dicoba langsung untuk sahabat flodesta. Mencoba satu ratu dengan koloninya sedikit yang menempel di tubuh ratu dimasukkan ke dalam toples kemudian ditutup, jangan lupa toplesnya dibuat lubang kecil-kecil serta gula pasir sedikit. Tunggu sampai sehari saja jangan lama lama. Belum sampai sehari sudah lahir telur kecil mengumpul seperti pada gambar. Berarti kalau sudah timbul telur kecil dari ratu sobat sudah membuktikan sendiri. oke
Sementara di luar koloni semut bisa diatua tetapi setelah di dalam koloni semut yang mengatur, serahkan saja sistemnya apakah diterima atau malah ditolak.

Cara di atas mungkin ada yang berbeda, pada dasarnya kita bebas bereksperimen karena setiap orang mempunyai cara ternak kroto sendiri. Sekali lagi hormati dan hargai hasil karya orang lain.

Semoga masalah tentang jumlah ratu semut rangrang paling ideal bisa bermanfaat bagi sedulur semua. Ojo lali karo cendole bro...Matur nuwun

30 comments:

  1. di tempat mas bro menyediakan ratu ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi sobat flodesta yang punya ratu banyak, ada yang membutuhkan.

      Delete
  2. Mas mau nanya saya cari bibit dari alam dan luar biasanya isi ratu dalam 1 sarang semut itu terdapat banyak ratu, apakah ratu tersebut bisa di pindahkan 1 per 1 dalam setiap toples? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratu yang bersayap belum bisa menghasilkan telur. Ratu bisa di pindahkan asal satu koloni. Tetapi ratu bisa pindah dengan sendirinya ke toples lain.

      Delete
  3. mas aku numpang mau nanya. dalam media toples apa saja bahan yang perlu di lakukan. apa hanya toples saja atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk media sarang tidak harus toples, bisa menggunakan bahan yang lain.
      Tentu tidak toples saja. Masih ada seperti rak,pengaman rak, tempat minum dan makan. Serta pendukung lainya ketika bersentuhan dengan semut rangrang.
      Maturnuwun.

      Delete
  4. saya punya 1 ratu dan saya punya 2 rak... yg 1 ada ratunya yg satunya lagi ga ada... apa kah bisa di gabungin bang... tolong di jawab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin menggabungkan dua koloni yang berbeda sebenarnya bisa saja. Tentu yang menjadi pertimbangan kita adalah ratunya, apakah hidup atau bisa mati.

      Banyak mana koloninya, apakah yang ada ratunya atau sebaliknya. Kemungkinan bisa hidup koloni yang ada ratunya lebih besar di banding yang tidak ada ratunya.

      Delete
  5. Dalam satu media apakah harus ada 1 ratu atau 1 ratu bisa utk beberapa media ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya bisa semua. Bahkan lebih dari satu ratu dalam satu media juga bisa hidup sampai lama. Minimal dalam satu koloni (rak) ada ratunya, bisa satu atau lebih...

      Delete
    2. Mas saya mau tanya saya pnya 1 rak ambil dari alam liar, tapi gag ada ratu nya, apakah kroto nya tsb bisa menetas, gmna caranya membuat koloni baru atu menambah jumlah semut dalam rak tsb

      Delete
    3. Minimal ada ratunya.
      Ratu akan menghasilkan telur, jika kroto tidak di panen maka semut akan bertambah.

      Delete
  6. Mas mau tanya nih. Misalnya satu rak ada tiga tingkat. Apa bisa di isi lebih dari satu koloni bersamaan atau hanya bisa di isi satu koloni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik satu koloni. Jika memang tidak bisa satu koloni resikonya Semut akan adu kekuatan.

      Delete
  7. Mas apakah yang di sebut satu koloni itu satu sarang yang ada di Alam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpulan semut yang berada pada satu tempat yang sama

      Delete
  8. Mas mau tanya? Kalo liat di youtube kan itu satu rak ada tiga tingkat dan toplesnya itu jg banyak, apkh ratunya juga cuma satu..mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tahu hanya yang punya, bisa juga tidak ada ratunya.

      Delete
  9. Mas mau nanya ..saya punya rak 2.5m x 1/2x1m..kalo buat pemula idealnya berapa koloni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang di maksud berapa toples atau yang lain. Satu rak bisa di katakan satu koloni,coba beberapa dulu, sambil belajar. Jangan terlalu banyak karena masih pemula.

      Delete
  10. Mas saya mau tanya saya ngambil sarang kroto dri pohon mangga depan rumah saya pindah kan ke rak ternak...tpi dlam satu sarang itu ada kurang lebih 30an ratu y...itu dia kumpul di satu toples saja ratu y...itu gmna mas bro ngaruh atu tidak dengan cepat y bertelur? Mohon pencerahan y suwun

    ReplyDelete
  11. Brpa lama mas spya ratu bisa bertelur..?

    ReplyDelete
  12. Berapa lama mas spya ratu mau bertelur.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratu semut rangrang yang sudah menghasilkan telur bisa di lihat fisiknya yaitu sudah tidak mempunyai sayap dengan perut besar.

      Delete
  13. mas, bagaimana caranya agar sr berbeda beda koloni di campur jadi satu rak? mungkin ada gambar cara yg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sarang dari alam, saat pengambilan biarkan jadi satu dulu sebelum di pindah

      Delete
  14. Suhu AQ mau tanya punyaku 1 koloni 10 toples dikasihnya 4 ratu ,tapi ratunya yang 2 pindah"dari toples 1 ke 1 nya lagi ,itu itu gimana suhu ,mohon sarannya makasih

    ReplyDelete