Persiapan rak kroto untuk pemula

Banyak sekali teman flodesta yang mulai ternak kroto bingung tentang persiapan rak kroto. Apakah itu terbuat dari besi, kayu, bambu. Sebenarnya semua bisa digunakan untuk dibuat kandang kroto. Mas bro sendiri tidak pernah menganjurkan bahan yang digunakan dari membeli dengan harga mahal. Sekali lagi sebagai pemula kita bisa memanfaatkan bahan bekas, lebih murah dan hemat uang.

rak kroto

Saya sendiri baru-baru ini telah membuat lagi rak kroto dari kayu bekas. Walaupun itu semuanya tidak kayu bekas tetapi ada juga yang saya beli.

Sobat bisa lihat sendiri pada gambar, kelihatan bekas sekali. Kayunya campuran, ada triplek, papan tapi hasilnya tetap kokoh.

Baca juga : Perlengkapan ternak semut rangrang

Setelah sobat membuat rak kroto jangan lupa untuk membuat pengamanan kaki rak. Silahkan beri air atau oli supaya semut tidak bisa keluar.

Jadi ketika mendapatkan sarang semut dari alam, kita sudah langsung ready untuk memindahkan. Karena berdasarkan cerita teman-teman ketika sudah dapat sarang kroto tetapi rak kroto belum dibuat. Sehingga sarangnya hanya diletakkan pada media yang tidak layak untuk ditempati, akhirnya semut pada keluar semua. geger...

Mengapa saya menyarankan menggunakan rak kroto karena lebih efisien. Besar kecilnya ukuran bisa disesuaikan dengan kondisi. Kalau tempatnya agak sempit mungkin raknya bisa dibuat bertingkat.

Membuat desain rak kroto tidak harus sama persis dengan gambar, itu merupakan contoh dalam skala besar. Untuk pemula cobalah buat dengan ukuran kecil di isi beberapa toples kroto, jangan lupa sama ratu. 

Itulah pengalaman yang bisa saya persembahkan untuk sahabat flodesta. Semoga bisa berguna dan ada manfaatnya. Ojo lali cendole.....Matur nuwun

Baca jugaPengaman rak ternak kroto menggunakan parit paralon

No comments:

Post a Comment