Gambar telur semut rangrang tanpa ratu

Apakah semut rangrang bisa bertelur tanpa ratu semut rangrang?  kali ini mas bro akan memberikan gambar telur semut rangrang tanpa ratu.  Berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan selama ini tidak semua pendapat yang beredar selama ini benar bahwa tanpa ratu tidak akan menghasilkan telur.

Sekarang mas bro membuktikan sendiri dengan masa waktu 4 bulan lebih dengan sebelumnya tetapi tetap ada telurnya, walaupun tidak ada ratunya.

telur semut rangrang

Pertanyaan yang coba saya tanyakan kepada pemburu kroto alam yang sudah berpengalaman selama 10 tahun dalam mencari kroto. Bahwa mereka tidak pernah atau jarang sekali mendapatkan ratu semut rangrang pada satu pohon, padahal kroto yang diambil selalu banyak. Kebetulan saya ikut berburu kroto selama beberapa hari.

Terus kemana ratunya? Padahal sarang yang diambil selalu dibongkar habis sampai tidak berbentuk. Seandainya jatuh atau terselip pada alat yang digunakan pasti akan kelihatan. Karena ratu semut rangrang selalu tidak jauh dari anak buahnya, selalu dilindungi dan dikerumuni oleh prajuritnya. Pokoknya kelihatan jelas kalau itu ratu semut rangrang.


Gambar telur semut rangrang

Sahabat flodesta yang baik hati, sarang toples yang saya tampilkan adalah membuktikan bahwa tanpa ratu ternyata bisa menghasilkan telur.

Apakah sama hasilnya sama dengan yang ada ratunya? Tentunya beda, lebih cepat, lebih banyak telur yang dihasilkan jika ratu semut rangrang. Kalau gak percaya bisa sobat coba sendiri. Tetapi membutuhkan waktu proses yang lama untuk membuktikan dan mengatahuinya.

Gambar Telur semut rangrang

Gambar telur semut rangrang tanpa ratu di atas sama persis dengan waktu pemindahan sarang dari alam dengan sarang yang ada ratunya. Juga pengambilan gambar pada hari dan bulan yang sama. Cuma yang membedakan kalau sarang semut rangrang dengan ditempati ratu sudah pernah diambil krotonya. Sedangkan sarang yang tidak ada ratunya belum pernah di ambil krotonya.

Oke sobat, sekiranya bisa menjadi masukan dan tambahan ilmu tentang ternak kroto. Apakah opini yang selama ini beredar benar, buktikan sendiri. Jangan lupa setelah membaca kasih cendolnya ya... Matur nuwun.

Baca juga : Foto ratu semut rangrang

4 comments:

  1. mas bro....ji kita cari sarang semut terus dpt ratu +lapa rutu y...jika kita pindah k toples pa lapa ratu y bsa hidup mas bro......

    ReplyDelete
  2. Sekedar bagi pengalaman ya mas bro, sarang semut tanpa ratu tetep tidak bisa bertahan, jumlah prajurit dan pekerjanya akan terus menyusut lama kelamaan habis karena jumlah yg mati lbh besar dr yg lahir. ini saya alami sendiri, tiga bulan pertama sy selalu menambah semut liar maupun krotonya hasilnya jumlah sarangnya pun bertambah terus sampai 16 toples. 2 bulan selanjutnya sy tidak menambahnya baik semut maupun krotonya, hasilnya... sarangnya habis tinggal 4 toples. Setelah saya isi dg 4 ratu barulah mulai ada perkembangan sebulan nambah 1 toples. Demikian info dari saya, dalam beternak ratu itu HARUS ada.

    ReplyDelete
  3. @Dwi Antoro
    Maturnuwun banget ya mas atas pengalamannya.salut wes mau berbagi juga. Seperti mas dwi ini yang mas bro cari.

    Kalau pingin cepat memang harus di tambah sarang alam. Selama ini mas bro selalu menyarankan kepada sobat flodesta jika ingin ternak kroto minimal ada ratunya.

    suwun

    ReplyDelete