Pengaman Rak Ternak Kroto Menggunakan Parit Paralon

Pengaman rak ternak kroto menggunakan parit paralon

Sekarang kita akan membahas tentang pengaman rak ternak kroto menggunakan paralon (pralon). Dalam ternak kroto tidak akan terlepas bagaimana cara supaya semut rangrang tidak keluar jauh dari rak. Pada dasarnya supaya semut tidak keluar dari rak yang kita buat. Apa yang terjadi jika semut sampai kemana_ mana? Tentu akan menimbulkan masalah baru.

Pengaman rak ternak kroto menggunakan pipa paralon lebih praktis dibanding harus membuat kolam di bawah rak (selera), semut rangrang yang jatuh diri tidak akan mati. Pengaman rak ternak kroto seperti ini sangat efektif untuk ternak kroto dari alam atau pada saat memindahkan sarang semut rangrang dari pembelian bibit kroto.

Pada saat pemindahan awal, semut masih harus beradaptasi pada tempat baru dan ini sangat membutuhkan waktu berhari hari untuk jadi tenang. Untuk itu diperlukan pengaman supaya terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti semut jatuh di tanah atau lantai yang bisa mengganggu aktifitas.

Pemakaian oli atau air hanya diletakkan pada kaki rak, masih dimungkinkan semut lepas dengan menjatuhkan diri ke bawah (awal pemindahan semut). Kondisi tersebut akan berbeda ceritanya kalau sudah lama di ternak, semut yang jatuh sangat minim sekali bahkan tidak ada yang jatuh kalau koloni semut rangrang tidak melebihi kapasitas rak.

Dengan metode pengaman rak ternak kroto menggunakan paralon, semut tidak bisa lari kemana-mana alias ora keluyuran tekan adoh. Seumpama masih berani melewati pembatas pasti mati. Pokoke jos gandos....

Sudah dicoba menangkarkan sekitar sepuluh sarang semut kroto dari alam. Dan berhasil sebab semut benar-benar mau bersarang di toples. Tentu melalui proses, ora usah grusa-grusu, santai wae sing penting semutnya aman. Mau ditinggal kerja, weekend, wisata, silahkan monggo kerso. Asalkan ruangan aman dari gangguan yang membahayakan. 

Pengamanan dengan cara pembuatan parit ialah mengambil paralon besar yang biasanya dipakai untuk saluran air. Lalu kita belah jadi dua, masing-masing siku pakai sambungan paralon. Untuk menyambung siku paralon bisa pakai lem paralon biar kuat.

Jarak antara kaki rak dengan paralon jangan terlalu dekat. Mengapa? bila ada benda atau semut yang jatuh  dari atas ke tanah tidak langsung masuk ke paralon. Kemudian setelah terbentuk semua dengan kuat, baru kita lem ke lantai. eeiittt.... tunggu dulu tentunya tidak mungkin kita ngelem paralon ke lantai langsung. Untuk itu bawah paralon pasang styrofoam yg di lem ke lantai, setelah itu baru paralon di lem di atas styrofoam tersebut.

Bagaimana kalau lantainya masih tanah mas bro? wait...tenang wae. Bagi lantainya masih tanah, bisa digali jangan terlalu dalam cukup untuk memendam paralon setengahnya saja.

Setelah pemasangan pengaman rak ternak kroto dengan parit paralon selesai bisa kita isi paralon tersebut dengan oli atau air. Silahkan dipilih, mau pakai air atau oli. Yang menggunakan air bisa diberi ikan kecil, daripada dibuat sarang nyamuk.

Keuntungan pemakaian pengaman rak ternak kroto dengan parit paralon :
  • Saat pemindahan sarang semut alam dimana kita tidak harus mempersiapkan ember, tepung ataupun jembatan. Sarang semut tinggal saja diletakkan di rak. Silahkan sarang mau dibongkar atau dibiarkan saja, tapi lebih baik dibongkar supaya semut bisa mencari tempat baru secepatnya.
  • Sistem dengan pengaman parit dari paralon juga bisa digunakan untuk panen kroto. Dengan cara ini sangat menguntungkan sekali karena semua pekerjaan yang bersangkutan dengan semut rangrang bisa dilakukan satu tempat, baik pemindahan maupun saat panen kroto.
  • Masalah makanan semut rangrang bisa diberi sisa makanan, taruh aja ember atau bak kecil di dalamnya. Seperti tulang ayam, tulang ikan, kulit udang, Jadi sobat tidak terlalu mengeluarkan biaya banyak untuk membeli makanan semut rangrang. Karena kalau di kota cenderung pohon yang dihuni semut rangrang pasti disekitar pohon tersebut ada sumber makanan yaitu dari sampah makanan. Cara ini jangan dipaksa karena sebagai contoh seperti di alam saja, untuk alternatif saja karena berbau (terserah gimana caranya supaya tidak bau) kalau kuat tidak masalah tapi kalau tidak kuat jangan dipaksa. Cocok untuk ternak kroto yang tidak berdekatan dengan rumah tangga dan keamanan rak serta ruangan sudah di jamin aman.
Semoga artikel tentang pengaman rak ternak kroto dengan parit paralon bisa menyelesaikan masalah yang selama ini sobat cari. Semua tidak ada manfaatnya tanpa dukungan penuh anda semua. Sebar now... Ojo lali cendole bro. Matur nuwun.

Baca juga : Gambar rak toples semut rangrang

5 comments:

  1. Om mau tny styrofoam itu apa n dpt beli dmn,tq info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar styrofoam bisa cari di google mas. Saya kira banyak yang jual. alternatif yang lain tanpa styrofoam juga bisa asalkan paralon / pralon rapat dengan lantai dan jangan sampai ada celah untuk semut rangrang bisa keluar. suwun

      Delete
  2. inspiratif banget mas broo...saya sudah merencanakan ternak kroto ini juga, mohon doa dan ilmunya.

    ReplyDelete
  3. Info yang Siuiipp bin muantafff

    ReplyDelete