Cara memperbanyak koloni semut rangrang

Sudah cukup lama flodesta ingin update artikel tentang cara memperbanyak koloni semut, karena beberapa bulan terakhir mas bro agak sibuk. Kali ini saya coba bagaimana cara memperbanyak koloni semut dan kroto dalam penangkaran. Cara yang sudah dicari selama budidaya semut rangrang  tetapi koloni semut belum tambah banyak, bikin jengkel.

Cara Memperbanyak Koloni Semut Kroto Toples

Tidak mudah memang membuat koloni semut dalam toples jadi banyak. Mungkin cara yang sobat gunakan selama ini belum menghasilkan seperti yang diharapkan. Toples selalu kosong dan ditinggalkan semut beserta krotonya. Walaupun sudah mencoba dengan  mengambil sebagian semut kemudian dimasukkan ke dalam toples kosong, tetapi akhirnya juga kembali lagi ke tempat asalnya.

Flodesta sendiri lama tidak tampil secara online dikarenakan sedang mencari teknik atau cara yang selama ini dicari. Supaya bisa dipraktekkan di rumah dan bermanfaat bagi sedulur kabeh. Setuju rak...?

Cara memperbanyak koloni semut kroto di toples agar bercabang 

1. Harus ada ratu semut
2. Sarang semut sudah berumur lama.
3. Sediakan toples kosong, tidak perlu banyak-banyak.

Berikut keterangannya :
1. Ratu semut rangrang


Cara Memperbanyak Koloni Semut Kroto Toples

koloni semut yang ada ratunya bisa kita manfaatkan untuk membuat koloni baru dengan cara mengambil secara manual kemudian dipindah ke dalam toples kosong yang sudah kita sediakan. Cara ini digunakan apabila ratu semut tidak mau jalan-jalan alias betah di sarang lama. Jangan lupa, tetap beri lubang udara untuk keluar masuk semut tetapi lubang hanya sebesar semut prajurit yang paling besar.

2. Sarang semut Berumur lama

Cara Memperbanyak Koloni Semut Kroto Toples

Sarang semut yang sudah berumur lama, bisa dilihat pada jaring putih yang sudah berubah warna agak kusam putih kusut. Sarang tersebut bisa dibongkar abis, jaring dibuang supaya bisa membuat sarang baru. Pembongkaran dilakukan tetap pada media yang sama (rak semut). Toples kosong tetap harus disediakan. weittt...jangan lupa di dekat toples diberi minum dan makanan. Tempatkan daun beberapa lembar saja di atas toples, ojo akeh akeh

3. Toples kosong

Seandainya kedua cara di atas belum membuahkan hasil seperti yang sobat harapkan. Mungkin cara ketiga bisa ditiru, jadi toples yang sarangnya banyak krotonya jangan diambil dulu biarkan saja jadi semut. Disitu semut atau koloni yang sudah terlalu banyak akan membentuk koloni baru. Sediakan toples kosong untuk memperbanyak koloni semut dalam toples. Penambahan toples atau botol bisa bertahap.

Kumpulan cara di atas sudah diuji coba oleh flodesta dan sampai sekarang sudah berhasil, semut tidak kembali lagi pada sarang lama.

Selamat mencoba semoga berhasil memperbanyak koloni semut. Hasil tidak selalu sama, jika belum berhasil berarti sobat kudu mencoba lagi. Ojo nyerah sob... Ojo lali cendole... ben tambah seger. Matur nuwun

Baca juga : Cara cepat menghasilkan telur kroto

24 comments:

  1. Syukron Mas Bro, kemrin saya juga dengar ada juga sarang yang menggunakan pipa paralon 3 dim. jika dipikir2 memang lebih hemat ko'. tapi caranya belum ada bocoran. buat mas Bro yang punya bocoran boleh donk sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di potong potong saja mas paralonya,tekniknya sama dengan media dari bambu..suwun

      Delete
  2. kiro2 nek jipok angkrang ko ladang terus dipidah neng toples dan anggaplah iso sampek 100 toples butuh waktu pirang bulan yo mas bro..? salam dawet ben tambah sueger puoool.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dan pelajari dulu aja mas, cari sedapatnya hasilnya akan beda beda. Dawete kirim rene wae mas. suwun

      Delete
    2. salam kroto mas brooo mau?
      pada gambar diatas terlihat toplesnya saling berdekatan apa harus ... emang apa pengarunya terhadap ternak kroto mhn djwb mas brooo

      Delete
    3. altin nasir @ salam. Toples tidak harus berdeketan menyesuaikan kondisi raknya saja.

      Delete
  3. mas bro ,cara yang pertama itu saya agak kurang ngerti mas bro ,

    - pindahi ratu ke toples baru ,
    - lobangi seukuran semut pekerja ,

    terus sing dimaksudratu jo di pindah sedurung nggawe jaring baru itu piye mas bro ?

    ReplyDelete
  4. Siip Mas Bro,,, cocok, karena tu semua dah diuji coba dan hasilnya Ok punya..salam laskar kroto Sukabumi..

    ReplyDelete
  5. Mas bro.., tolong share untuk menghasilkan kroto super apa saja yg harus diperhatikan..saya udah coba budi daya tp hsil kroto blm memuaskan..suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kroto super yang bagaimana? karena setiap daerah beda mengkondisikan kroto super.

      Delete
  6. Mas bro,kalo 1 koloni tu biasanya berapa buah toples mas?? Suwun ..

    ReplyDelete
  7. Dalam satu rak iso lewih seko aekoloni ora mas bro

    ReplyDelete
  8. Mas bro,,,sy sdh 3bln ternk smut rrng,d bln prtma srng+tlor bgs smpi pnuh tp g d pnen mksdny biar cpt bnyk kloniny,,tp skrg c smut tdk bertlor lg..ap hrs d buang dlu srng yg lma,? Sharing dong mas bro.

    ReplyDelete
  9. mau tanya,musim ratu kapan yaa...kurang tau soal nya ...baru pemula,mohon info yg peternak lama

    ReplyDelete
  10. Saya coba, semoga bisa berhasil, kalau teknik pemasaran bagi" trik mas bro,,,

    ReplyDelete
  11. Salam toples mas..saya mau nanya kalok gak pakek ratu apa bisa soal nya saya sudah mencoba beberapa kali tapi tetep gagal telur nya banyak tapi setelah berubah menjadi semut terus mati lalu di makan sama semut itu sendiri mohon bimbingannya 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum. Mas. Mohon petunjuk. Saya baru 1 Minggu beternak kroto. Bibit dari alam... Cara agar semut bisa nambah banyak gmna mas toples nya baru 1 yg keisi semut... Apa harus nunggu apa ngabil klononbaru dr alam ??? Mohon petunjuk nya mas

    ReplyDelete
  13. Mohon petunjuk hu, saya pemula baru punya 25 toples,.. Utk memperbanyak koloni caranya bagaimana.. Nuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba belajar dari sedikit dulu, tapi ada ratunya.

      Delete