Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur Ratu

Salam kroto. Terjawab sudah yang selama ini menjadi pertanyaan sahabat semua termasuk mas bro. Seperti yang  masuk di kolom komentar maupun email. Apakah tanpa ternak kroto di toples tanpa ratu menghasilkan telur / larva ratu semut rangrang. Juga pertanyaan sebelumnya tentang gambar telur semut rangrang tanpa ratu apakah bisa menghasilkan telur (sudah di bahas). Memang sebelumnya flodesta belum bisa menjawab sesuai yang di harapkan, karena belum pernah mengalaminya.


Seiring dengan waktu, kali ini mas bro akan menjawab semua, bahwa ternak kroto di toples bisa menghasilkan telur ratu tanpa harus ada ratu. Mengenai semut rangrang tanpa ratu juga bisa menghasilkan telur. Tidak hanya di alam saja sekarang di toples atau ternak kroto di rumah pun dapat kita hasilkan. Semua itu sudah mas bro uji coba dan terbukti. Sementara jumlah yang ada di gambar sarang toples ada sekitar 30 ekor telur ratu. Mantab bro...

Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur Ratu

Pada saat ini perburuan ratu semut rangrang ramai di cari dimana-mana ( ora kroto tok sing diburu)  Apakah dengan cara mencari sendiri, pesan kepada penjual kroto dan pencari kroto. Sekarang adalah saatnya untuk budidaya ternak ratu sendiri. Jadi tidak perlu mencari atau berburu lagi. Tetapi tidak semudah itu untuk menghasilkan telur ratu, di butuhkan kesabaran dan proses waktu yang lama.

ternak kroto toples

Dari mulai uji coba sampai pengamatan selama ini bahwa sarang semut rangrang di toples mas bro ternyata melahirkan telur ratu. Rasanya senang campur aduk (senenge puooool ). bisa menghasilkan telur ratu sendiri. Penantian yang panjang bagi flodesta untuk melihat sendiri hasil penangkaran semut rangrang di rumah, pada akhirnya tercapai juga di bulan puasa ini.

ternak kroto toples

Sekedar untuk  informasi menurut penjual kroto bahwa produksi telur ratu atau ratu semut rangrang akan banyak di bulan puasa. Ternyata betul setelah survey langsung ke tkp di mana mana di penuhi telur ratu dan calon ratu (bersayap). Tentunya kroto yang di beli akan bercampur dengan telur ratu semut rangrang.

Semua ini masih dalam tahap proses untuk manjadi ratu. Gambar atau foto yang mas bro upload di flodesta adalah contoh telur ratu semut rangrang. Semoga saja mejadi usaha yang tidak sia sia dan akan sukses menjadi ratu semut rangrang. Dan yang pasti bisa menjadi bisnis usaha sampingan yang bisa menghasilkan uang untuk  sahabat flodesta semua. Amin...

Semoga bisa menjadi dorongan untuk terus semangat. Artikel ini tidak akan berati tanpa dukungan sobat semua. Monggo di sebarke yow......Ojo lali cendole....Matur nuwun.

Share :

47 komentar:

  1. inpo menarik gan masbro,,ditunggu hot news selanjute tent.proses larva hingga jadi ratu perlu wkt brp lama y?

    ReplyDelete
  2. berapa lama umur penangkaran sampai menghasilkan ratu? terima kasih mas bro atas info2 anda berikan

    ReplyDelete
  3. thank you mas bro atas info y....supaya cpat mkanan y apa aja mas bro.....jd semangt lg nie

    ReplyDelete
  4. Mantap infonya..
    Apakah nanti bila sudah menjadi ratu, ratunya akan terbang ke alam atau masih tinggal di dalam toples..?
    aku baru punya 2 toples, kira-kira sudah sekitar 6 bulan, kemarin baru tau ternyata telur calon ratu juga banyak.
    thank you Mas Brow..
    Salam semut..

    ReplyDelete
  5. agan mas bro..salah satu toples ane kox semut2nya pada jalan berbaris berputar berputar mengelilingi dinding toples secara cepat itu knp y?ap mgkin ini yg disebut semut rangrang itu stres y,jika demikian gmn cara ane ngatasinya y gan..?

    ReplyDelete
  6. oke agan masbro..tapi pada toples tsb udah skitar 3 hari ini kox ane kasih pakan tp hanya dilumpuhin dah gitu dibuang,jangkrik yg ane masukin ke toples sesuai anjuran agan jg ada yg msh idup nda direspon oleh semut itu knp y,padahal udah ane bikin variasi pakan mulai dari tulang,jangkrik dan ulat,,mgkn dari agan masbro ada petuah lagi wat solusinya gan..?

    ReplyDelete
  7. mas bro mau tanya ni..knapa semut saya ada yg mati pdahal dulu y tdk..pdhal jg telat mkan...apa semut yg mati itu karna da tua...sblum y maksih mas bro....salam semut....

    ReplyDelete
  8. siap agan masbro..coba ane ta praktekin dulu liat perkembanganya,trmksh gan..

    ReplyDelete
  9. maas brow saya mw tnya,gmna caranya agar calon ratu yg kita dapat dari penjual kroto bisa hidup terus sampai menghasilkan telur dan membuat koloni baru???
    matur nuwun...

    ~~~joko_solo~~~

    ReplyDelete
  10. jozz broo infonya, aku wis membuktikan, bisa,, sudah bertelur di 2 toples. tapi kalau ratunya belum ada,, joz.

    ReplyDelete
  11. @ARGA One HEART
    selamat bro sudah membuktikan. joss gandozz....

    ReplyDelete
  12. sampean huebat &josss bro. mau bagi ilmu ma kita semua>suksess boeat indonesia jika semua orang mau seperti sampean.

    ReplyDelete
  13. @aman mugiharjo
    belajar bersama ,maju bersama, sukses kabeh wes pokoke.

    ReplyDelete
  14. joss inpo mas brow,,,aq rep siap2 mbongkar gadangan,,rep tak nggo ternak kroto..ben kyok mas brow...hehehee

    ReplyDelete
  15. mas bro jadi maksudnya kalo kita diemin itu si semut tanpa ratu. nantinya bakal muncul ratu dengan sendirinya begitu atau bagaimana :D

    kalo muncul butuh waktu berapa lama kira kira. ane baru sebulan dari ngambil sarang di pohon. semua telor sekarang sudah menetas sepertinya (telor bawaan sarang) skrg udah bikin sarang di toples.

    tolong di bantu mas bro :D

    ReplyDelete
  16. @achmad yosi Herfanda
    seeppp.....

    ReplyDelete
  17. flodesta top abiiiiisssssss... semoga tambah sukses.. dan doain aku jg supaya sukses seperti flodesta.... mr.irfan

    ReplyDelete
  18. kok bisa ya bro .... bukan nya telur ratu itu ukuran nya Guede sekitar 10 x lipat ... bagai mana bisa betina kecil penghasil telur prajurit bisa menelorkan telur ratu yang besar .... apa telur tsb membesar dengan sendirinya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum jadi guedeee kan kecil dulu, karena di kasih makan terus telur yang kecil akhirnya membesar.:>)

      Delete
  19. ok!mas bro mugi manfaat matur suwun

    ReplyDelete
  20. Salam kenal mas... saya mau nanya,..sampai berapa lama semut mulai membuat sarang setelah dipindahkan didalam toples. saya baru mencoba dengan 3. toples, sarangnya saya ambil dari pohon mangga yg ada dihalaman rumah saya kebetulan ada banyak sarang semutnya.
    Suwun mas.....mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenal balik. Sudah ada di postingan sebelumnya, coba di cari saja.suwun

      Delete
  21. di tunggu postingan terbarunya mas bro ,,,,
    turnuwun ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun,,,,di tunggu ae...

      Delete
  22. matur nuwun mas bro mudahh2an ilmune dadi amale sampean aku lagi mau mulai

    ReplyDelete
  23. mas bro itu dalam toplesnya di kasih daun daun kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar sarang semut toples di atas tidak pakai daun mas

      Delete
    2. Selain dari alam bibitnya dari mana bro,?

      Delete
    3. Kalau dari alam sudah kesulitan, bisa beli aja bibitnya, banyak yang jual

      Delete
    4. Kalau beli bibit dari mas Broo, apa bisa,?

      Delete
    5. Ada no telpnya hubungi saja.

      Delete
  24. Slm knl.mas bro mau ty,sy sdh py 70 toples koloni,jml ratu tiap toples 15-30 ratu,mknan yg srng sy ksih
    adl jangkrik.tp knp telur yg d produksi tdk ad stu pun yg jd cln ratu,krn ulsan d atas tdk ad solusi cr penanganan yg rinci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Itu satu toples ratu atau calon ratu ( bersayap) mas kok sampai 15-30 ratu setiap toples. Soalnya banyak yang belum tahu antara ratu semut dengan Calon ratu semut.
      Kalau sudah ada larva besar seperti gambar diatas berarti nanti akan proses jadi calon ratu (bersayap).
      Musim Telur ratu semut rangrang sudah mulai sejak satu bulan yang lalu sampai sekarang masih.

      Delete
  25. Salam kenal mas bro..
    Mau tanya mas, apa benar calon ratu yg bersyp akan terbang smua terlbh dahulu trs nantinya bila ada yg kmbli itu yg akan menjd ratu?? Soalnya ada yg ngmng begt..
    Kebetulan saya sdng newbie dr koloni liar yg blm ada ratunya stlh hmpr 4 bln skrng menghslk calon ratu, toples yg satunya jg allhamdulilah sdg menghslkan telor calon ratu..
    Tlng jawabanya ya mas bro..
    Salam kroto dr kota mendoan mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul Calon ratu semut rangrang bisa terbang mas (mas bro juga melihat sendiri) , kembali kemana nih? Yang di tanyakan di alam atau budidaya di rumah? Kalau di rumah kayaknya gak kembali deh.. Dirawat saja mas calon ratunya. Karena nanti sedikit demi sedikit akan mati (berkurang). Salam juga mas dari kota lumpia.

      Delete
  26. Mo tanya mas bro, Ada cara kusus tidak untk merawat calon ratu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak punya cara khusus, tak biarkan alami saja. Ayo konco2 yang punya pengalaman monggo di bantu. Gak rugi berbagi.....

      Delete
  27. slm kroto n slm knl mas brow n tmn2, dsini sy adlh pemula sy ingn bljr bnyk dr pnjenengan semua. sy mau tanya " bibit sy mngmbil dr alam n sdh bradaptasi dng baik dngn tmpat tp knp ea mas sdh 2 hr kok semut blm mngmbil makanan ulat hngkong n jngkrik yg sy sdiakan, mlhn semut tngn dng mknn itu. mhn pnjelasannya mas brow.

    ReplyDelete