Penyebab semut rangrang mati

Penyebab semut rangrang mati. Apakah semut rangrang sobat banyak yang mati? Kalau jumlah besar perlu dicari penyebabnya. Sesuai dengan pengalaman mas bro biasanya karena kurangnya pengetahuan, membiarkan makanan dan minuman semut rangrang kosong terlalu lama.

Semut Rangrang

Ciri fisik semut rangrang mati.

1. Bentuk semut masih utuh atau lengkap.

Apabila matinya masih komplet biasanya disebabkan makanan dan minuman tidak terpenuhi, ruangan terlalu panas, disebabkan bahan kimia.

2.  Bentuk semut terpotong

Jika semut mati tidak utuh biasanya saling serang di sebabkan beda koloni. Di dalam satu koloni semut juga bisa saling makan tetapi dalam sekala kecil.

Faktor Penyebab semut rangrang mati secara umum

1 Makanan semut rangrang

     Perhatikan makanan semut rangrang, usahakan cukup terpenuhi. Jangan terlambat terlalu lama dan tidak mengandung bahan kimia atau racun.

2.  Minuman semut rangrang

    Tidak asal memberi minuman dan jangan sampai terlambat karena bisa mati kering. Selain itu juga berpotensi keluar dari rak.
 
3.  Suhu

     Suhu di toples jangan terlalu panas dan dalam ruangan, apalagi terkena sinar matahari langsung. Misalnya timbul embun di dalam toples. Dalam uji coba, saya panaskan hanya hitungan menit mati semua. Seperti orang barat pada dede di pantai ya.

4.  Udara

     Udara sangat penting untuk kehidupan semut. Kekurangan udara bisa menyebabkan toples jadi berair. Jika terlihat air di dinding toples bisa diperbanyak lubang udara.  Cara supaya dapat udara lubangi toples dengan jarum yang sudah di panaskan.

5.  Koloni semut

     Sebaiknya jangan mencampur semut rangrang beda koloni ketika mendapatkan dari alam. Kalau memang terpaksa resikonya akan ada yang mati.

6. Penyebab lain masih di cari

Semoga bermanfaat informasi tentang penyebab semut rangrang mati. Jangan lupa cendole  ya... Matur nuwun.

No comments:

Post a Comment