Cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples

Salam kroto. Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman-teman ingin mencoba ternak kroto atau budidaya semut rangrang cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan atau rak semut rangrang. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan di isi dengan air supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.

Selengkapnya sediakan alat ternak kroto sebagai berikut:

1. Toples

Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan, gelap juga rapopo. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto toples.


Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples


Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples


 2. Nampan


Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.

Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau  bisa juga membiarkannya.

4. Batu bata atau yang lainya di taruh di atas nampan sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 


Gampang sekali tentang cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Untuk teman semua mungkin sudah mencoba, bisa share di sini mungkin saya ada kekurangan sehingga saling melengkapi  yow ra bro...

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Setelah membaca dan menyimak jangan lupa cendole ya bro...suwun.

Lihat  juga :

Share :

32 komentar:

  1. mf, it yg di tutup pake kertas bagian yg di lubangi atau bagian mana mas?
    lalu bagian bawah apa di biarkan terbuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah , sepertinya mudah .
      thx gan!, nice impo lah :)

      Delete
  2. owh bgtu .
    wah, sepertinya gampang .
    thx gan!, nice impo :)
    mf kalo double, yg td tkt ga msuk .
    hehe

    ReplyDelete
  3. kenapa harus dibalik toples nya

    ReplyDelete
  4. masbro bagian atasnya sewaktu ditutup kertas.berarti lobang udara ikut tertutup donk smpe sarang jadi?
    mhn pencerahanny.thx

    ReplyDelete
  5. mas bro kalo pembuatan sarangnya menggunakan kroto yg beli dipasar bisa nggak jadi tdk usah ngambil dr alam, thanks atas penjelasannya

    ReplyDelete
  6. Mas Bro, utk bagian tengah toples apakah d beri penyekat dr kawat ram sbg penyangga rmh telor? atw polos sj? mhn pnjlsan

    ReplyDelete
  7. Mas Bro, untuk di dalam toples bagaimana ? apa dikasih kertas sebagai sarangnya atau atas cukup dikasih kertas untuk pelindung agar semut mau membuat sarang sendiri dalam toples, mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  8. @omset

    Didalam toples tidak perlu di kasih kertas. Penutup bisa di kasih bisa tidak. untuk awal memindahkan semut rangrang bisanya di kasih penutup supaya cepat membuat sarang. Setelah itu bisa di biarkan atau di lepas juga boleh.

    ReplyDelete
  9. Mas Bro, mau tanya nih, kalo kroto yang kita beli dari penjual pakan burung bisa tidak di ternakkan? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. @adriel cahyadi

    Tidak bisa mas.

    ReplyDelete
  11. untuk ternak semut rangrang apabila menggunakan media toples yg menggunakan sistem bawahnya ditaruh air dirasakan lamban berkembangnya karena keterbatasan, sy menyarankan lbh baik dgn cara yg sistem rak semut lbh bebas dan cepat berkembang, namun ada min plus nya kalo menggunakan rak sering larvanya dipindah antar toples

    ReplyDelete
  12. @Timbang Supriyanto

    Terimakasih mas atas saran dan masukannya. Kita sama sama mencari solusi yang terbaik.

    ReplyDelete
  13. mas brow,,,
    kalau koloni semut dicampur dengan koloni lain gmna?
    mohon penjelasanya,

    ReplyDelete
  14. @den bagus
    Perang mas,di karantina dulu aja.

    ReplyDelete
  15. mas brow..lanjutkan..smoga tetap brkembang semutnya...

    ReplyDelete
  16. terimakasih mas Brewo..
    ane baru tahu kalau usaha budidaya ini mulai banyak yang meminatinya...
    ane ikuti dulu tutorial2 yg ada d blog ini y mas Brew..

    tak lupa ane ucapkan terimakasih untuk ilmunya...

    ReplyDelete
  17. Bro mas,kalau makanan pokok sendiri,saran yg bagus apa? Boleh di publikasikan juga atau tidak? Suwun.

    ReplyDelete
  18. wah sukses ya mas brow bwt usaha krotonya.. ohya mas bro mo nanya.. untuk satu koloni dalam waktu 1bulan bs menghasilkan berapa kg kroto?? semangat trs dan jgn lupa bagi bagi ilmunya.. tnks...

    ReplyDelete
  19. mas bro.. mksih tas ilmunya..! jangka brapa hari\bulan panen nya

    ReplyDelete
  20. @endang solahudin
    Sudah pernah saya tulis mas. Coba di cari.Suwun

    ReplyDelete
  21. mf mas mau tanya kalo untuk karantina selama berapa hari lamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina apa? kalau mau memindah atau menambah langsung saja. kecuali kalau ingin menjadikan ratu. suwun

      Delete
  22. Sory Mas Bro, aku cari postingan cara mindahin klangrang dari alam ke toples, kok gak ketemu? Tolong Mas Bro kasih tahu dong detilnya, soalnya aku mau coba nih karena di pohon manggaku ada klangrang dengan sarang yang kecil-kecil tapi banyak. Trims bantuannya

    ReplyDelete
  23. Misalkan kita datang n blajar scra langsung di tempat panjenengan boleh gak mas bro, biar cepet bisa gt?? thx

    ReplyDelete
  24. bro bisa belajar lansung gak?

    ReplyDelete
  25. BRO di dlm toplesnya d kasih daun"an gak bwat bikin sarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak di kasih daun juga gpp. Mau di kasih daun yo rapopo tapi jangan banyak2.

      Delete