Breaking News
Loading...

Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam

Tuesday, May 15, 2012
Salam kroto. Bagaimana cara memindahkan sarang kroto alam  ke dalam toples. Itulah pertanyaan pintar ditujukan kepada Mas bro. Oke, saya akan coba jelaskan caranya secara lengkap dan detail berdasarkan pengalaman. Kendala pertama kali dalam ternak kroto adalah ketika memindahkan sarang kroto ke dalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit semut, banyak sekali  cerita mengalami masalah ini.

sarang kroto alam

Cara memindahkan sarang kroto alam

 Cara pertama
  • Potong batang sarang semut rangrang (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan, bisa pakai sarung tangan dilumuri tepung tapioka (pati) supaya mengurangi gigitan semut rangrang.
  • Masukan ke dalam karung plastik atau toples yang sekiranya ada celah atau lubang udaranya untuk perjalanan kerumah tetapi semut tidak bisa keluar.
  • Siapkan ember plastik besar yang tepinya sudah diberi tepung tapioka supaya semut rangrang tidak terlalu banyak yang naik dan keluar.
  • Masukan sarang kroto ke dalan ember plastik dengan catatan harus dibuka atau dibuang daunnya beserta jaringnya, agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak dibersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
  • Buat jembatan penghubung koloni semut antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau kayu, terserah mau pakai apa saja boleh. Bisa dilihat gambar di bawah ini : 
Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam
  • Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari semut rangrang akan bersarang secara alami di dalam toples. Catatan : Dekat toples harus tersedia makanan dan minuman.
Cara ke dua :
  • Setelah sarang kroto dimasukkan ke dalam ember dan sudah dibersihkan dari daun beserta jaringnya. Sobat bisa langsung meletakan ke dalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya, tidak sampai menunggu habis semut di dalam ember.
Cara ke tiga
  • Pakai teknik anda sendiri.

UPDATE : Cara memindahkan sarang kroto alam

Cara memindahkan sarang alam kedalam toples bisa menggunakan teknik berikut :
  • Letakkan sarang kroto alam yang masih ada daunya di atas rak. Ambil dan kurangi perlahan lahan daun pada sarang semut. Siapkan juga toples kosong sudah dikasih lubang beserta makanan dan minuman di samping toples. Cara ini membutuhkan proses yang cukup lama.
  • Letakkan ember plastik sudah diberi tepung tapioka dindingnya taruh di atas rak kroto yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Kemudian masukkan sarang ke dalam ember tersebut dan bongkar ambil daun beserta jaringnya sampai bersih dari kotoran. Setelah itu masuk kan toples kosong ke dalam ember tersebut. Sesuaikan jumlah toples dengan kondisi lebar ember. Cara ini jauh lebih efektif dan lebih joss gandoss, semut rangrang jauh lebih cepat masuk dan bersarang ke dalam toples. Bisa di tinggal sewaktu waktu.

Cara Memindahkan Sarang Kroto Alam
Itulah cara memindahkan sarang kroto alam dengan versi flodesta. Silahkan sobat bisa pakai cara mana. Semoga bisa bermanfaat bagi semua yang ingin budidaya semut rangrang. Tunggu postingan selanjutnya. Setelah membaca jangan lupa cendolnya bro... Matur nuwun.

Baca juga : Mengatasi pertempuran beda koloni pada semut rangrang

31 komentar:

  1. Matur Nuwun Mas Bro atas jawabannya.., sangat bermanfaat..
    Tanya terus ya Mas :) ..,apakah ada ciri2 nya sarang alami yg dalamnya pasti ada ratunya, soalnya saya ambil 2 kali kok belum lihat ada ratunya semua, spt gambar dari mas Bro...

    ReplyDelete
  2. trimakasih mas bro atas ilmunya smga bisa sy praktekkan di rmh.....

    ReplyDelete
  3. @Agoeng Wibowo
    Sama sama mas.Silahkan, dengan senang hati.

    ReplyDelete
  4. emang ratunya ngga di pindah sekalian ya?

    ReplyDelete
  5. trus untuk ratunya bagaimana cerita mindahnya, atau apakah tanpa ada ratu kah?

    ReplyDelete
  6. salam semut agan, mau tanya nich saya baru berternak kroto, tadi siang saya baru ambil sarang kemudian saya masukan ke ember besar saya kasih lidi all hasil semua semu dan krotonya masuk ketoples dengan sendirinya, yang mau saya tanyakan apakah setelah proses itu semua sudah beres apakah ada lagiproses proses lainya mohon bimbingannya trimaksih

    ReplyDelete
  7. numpang lewat gan, saya baru ambil sarang terus semua ilmu mas bro dah tak laksanakan, hasilnya semua semut n krotonya udah pindah semua ke toples, saya mau nanya mas bro? apakah sudah selesai perjalanan berternak kroto dan apakah saya tinggal menunggu hasilnya mas bro, mohon ilmunya mas bro agan,, trimakasih

    ReplyDelete
  8. Bru mggang dkt aj dh di kryok bro
    tp y gpp pengalamanm

    ReplyDelete
  9. Salam sahabat,
    apa semudah itu gan cara memindahkan rangrang dr alam ke toples,dan apa rangrang langsung betah di rumah yg baru,kalo ternyata tdk mau masuk,cuma ngumpul aja diluar toples,apa penyebabnya biasanya,bahkan mungkin rangrang banyak yg mati karena stress? tolong gan dijelaskaen kendala yg dialami dan cara mengatasinya. thanks alot

    ReplyDelete
  10. @sahabat flodesta

    Pakai cara yang kedua saja kalau tidak sabar.

    Selama ini saya sudah sering sekali memindahkan sarang alam kedalam toples, tidak ada kendala sama sekali (sudah biasa)bahkan sudah di saksikan sahabat-sahabat kita dari luar kota semarang.

    Untuk pertama kali semut kroto di masukkan kedalam toples dia tidak langsung membuat sarang dalam toples (adaptasi). Ada beberapa teknik yang membuat semut bisa betah dan mau bersarang di toples.


    ReplyDelete
  11. Salam kenal mas bro, kl bibit dapat beli, sebaiknya di tangkar (menambah koloni) dulu atau langsung diternak mas bro? mohon solusinya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sedikit bisa di perbesar atau di perbanyak dulu koloninya.

      Delete
  12. Mas, numpang tanya, saya beli bibit dua toples so nice (didalamnya ada kroto beberapa gram), dan saya tambahkan di sebelah toples bibit tersebut 2 toples so nice kosong, untuk persiapan kalo over populasi. setelah 2 minggu, sudah ada beberapa semut yang pindah ke toples yang kosong tersebut, tp mereka hanya berkeliaran saja, kadang terisi banyak, kadang tinggal beberapa ekor saja. dan di toples baru itu mereka belum mulai membuat sarang. pertanyaannya, berapa lama waktu yang diperlukan agar sarang baru terisi penuh dan mulai membentuk sarang. maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama semut tidak membawa telur kedalam toples yang baru di pastikan semut rangrang tersebut tidak akan membuat jaring dan bersarang di tempat baru.kejadiannya hanya semut keliling saja bahkan akan meninggalkannya lagi.

      Delete
  13. bukannya semut secara otomatis pindah sendiri kalo overpopulasi (dr bbrp tulisan yg saya baca)..lantas gmn supaya mau pindah?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain di suruh pindah , kalau sudah gak nyaman pasti dia pindah

      Delete
  14. Apa perlu ruangan khusus buat budidaya kroto mas bro..?

    ReplyDelete
  15. di dalam toples apakah masih di kasih daun ?

    ReplyDelete
  16. Saya sangat ingin mencobanya, terima kasih info jitu nya Mas...

    ReplyDelete
  17. Maaf pak sy mau tanya..kmrn sy dapt 2 sarang semut dari pohon lalu saya pindahkn ke 2 sarang trsbut kedlm 2 toples yg sudah sya lubangi dan di dekatnya sy kasih persediaan mkn minum..apakah tdk apa" jika sarang nya berada dlm toples..mohon bantuanya pak dan trimksih sblmya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah kalau toplesnya tidak mengeluarkan air atau embun. Jika sampai terjadi seperti itu berarti di dalam terlalu padat sehingga kekurangan udara atau kondisi di dalam toples terlalu panas, mungkin daunya bisa di kurangi. trims

      Delete
  18. no hp nya brapa mas
    saia berminat dengan usaha kroto
    klo dari padang pengiriman bibit gimana mas
    maksih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dibantu untuk teman kita yang dekat dengan kota padang. Matur nuwun

      Delete
  19. Artikelnya sangat bagus Mas Bro, mhn info alamat nya dimana, hatur nuhun

    ReplyDelete

 
Toggle Footer