Cara Mendeteksi Sarang Toples Ada Ratu

Cara mendeteksi sarang di toples ada ratunya sudah pernah saya coba beberapa bulan yang lalu. Tetapi Mas bro belum sempat membagikan kepada sedulur kabeh. Salah satu kendala yang dialami adalah ketika ingin memperlihatkan ratunya di toples. Toples memang kelihatan transparan tetapi tidak mudah untuk melihat ratu semut rangrang, karena tertutup dengan jaring. Apalagi kalau sembunyi, sudah tertutup semut rangrang, kroto, berlapiskan jaring sisan. Bagaimana memperlihatkan untuk anda. Kecuali tempat ratu dipisah tentunya akan berbeda masalahnya. La wong ketok jelas kok digoleki.


Cara Mendeteksi Sarang Toples Ada Ratu

Cara paling mudah untuk mendeteksi ratu semut rangrang di toples

Lihat sekeliling toples

Cara ini bisa kita lihat secara langsung dengan melihat toples. Ratu biasanya ada di tepi atau pinggir dinding dalam toples dengan telur paling banyak. Bisa dilihat pada tempat yang agak terang, pasti akan kelihatan ratunya.

Buka tutup toples

Cara yang kedua kita bisa langsung balik toples dengan membuka tutup toples. kemudian buat sedikit " kejutan ". Tusuk jaring atau bisa di "sobek-sobek " dan diketuk ketuk sebagian toplesnya. Pokoknya sarang dibuat sedikit kacau, ojo kabeh sarange di sobek. Kita tunggu sebentar, sabar, ratu semut rangrang akan naik secara perlahan lahan tapi pasti.

Kesulitan jika ratu di dalam toples terlalu banyak, nunggune kesuwen bro. Jangan takut sarang tidak kembali, setelah aman para semut rangrang akan membentuknya lagi, dijahit meneh.

Bongkar total sarang

Cara ini agak sedikit ekstrim jika kita tidak sabar. Cara ini lebih joss gandos yaitu dibongkar semua itu sarang. Beres, dijamin kelihatan semua.

Oke bro. Semoga ada banyak manfaatnya. Jangan lupa cendole. Ne' pengen donasi yo tak tompo. Biar Mas bro semangat. Matur nuwun

2 comments:

  1. saya suka cara yang ketiga mas bro wuahahahaha

    ReplyDelete
  2. masbro yg baik dan guanteeeng bgt,boleh saya nanya kan mesti d jawab loo..knapa ya ketika jaring yg sudah ada {sisa jaring semut yg udah di tinggalin}ko malah d sobek2 sama semut baru,ga berselang lama semut baru pd bertelur,mereka malah megangin telurnya aja sampe netes..bahkan sampe jd anak semut..mohon jawabane kangmasbro...

    ReplyDelete