Mengapa Semut Rangrang Tidak Membuat Sarang


Mengapa semut rangrang tidak mau membuat sarang. Sekilas memang mudah sekali melihat semut rangrang bersarang ke dalam toples. Ternyata setelah dicoba tidak berhasil, masih banyak sahabat flodesta belum berhasil membudidayakan. Salah satunya adalah semut rangrang tidak mau bersarang. Apakah itu di toples, bambu, botol dan pipa paralon.

Mengapa Semut Rangrang  Tidak Mau Bersarang

Berdasarkan pantauan selama ini, kebanyakan menganggap mudah masalah ini. Kenyataanya tidak semudah itu ketika memindahkan semut rangrang alam ke dalam toples, bahkan membutuhkan waktu berhari-hari untuk bersarang ke dalam toples.

Tidak jauh dari kehidupan kita, ketika akan beli rumah baru. Pasti kita akan melihat dulu sekeliling rumah, dari luar sampai dalam. Demikian juga pada semut rangrang, tidak bisa langsung membuat sarang di toples. Semut rangrang pasti akan diluar dulu, menempel diseluruh bagian dinding toples. Setelah semut merasa nyaman baru mereka akan membuat sarang. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Makanya jangan heran jika terjadi pada semut rangrang anda. Itulah yang selama ini Mas bro amati. Salah satu faktornya adalah kesabaran. Jangan terburu buru, semua ada proses tahapanya.

Mengapa Semut Rangrang  Tidak Mau Bersarang

Syarat pembuatan jaring atau sarang adalah :
  • Telur (larva putih, kecil, panjang seperti kapsul) adalah sarana untuk pembuatan sarang putih seperti kertas. Cara kerjanya, telur itu dijepit oleh semut pekerja untuk merajut sarang atau jaring. Semut pekerja ini selalu mengulang ulang dalam pembuatanya. Tadinya semula tipis kemudian menjadi tebal .
  • Kroto. Bisa diberi secukupnya saja yang penting ada krotonya
  • Semut pekerja. Mengangkut semua telur, kroto dan ratu
  • Semut prajurit. Kerjanya mengamankan dari gangguan luar.
Cara ini juga sering diabaikan, sampai kapanpun tidak akan mau bersarang dan membuat jaring  kalau yang dipindah hanya semut dan kroto nya saja. Untuk pertama kali memindahkan, biasanya tidak mau makan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa cendole ya. Terimakasih.


7 comments:

  1. gmana bro..koloni yg gak ada ratunya apa bisa memproduksi/melahirkan ratu baru..???

    ReplyDelete
  2. bgini agan masbro..ane ada yg mo ditnyain ni

    1.semut rangrang ane ksh pakan ulet kandang tapi kenapa setelah dibawa masuk ke toples kox hari berikutnya malah di bawa keluar toples spt dibuang gitu y oleh semut2 tsb

    2.perilaku semut ane suka diluar toples tapi kox selalu berkumpul seolah2 berdiri saling bertumpuk(berpanggul) kayak dancer chears leader gitu knp y..?
    mohon bimbinganya y agan masbro,,ane tunggu petuahnya,trmksh

    ReplyDelete
  3. oke trima ksh inponya agan masbro..koloni yg dancer itu baru skitar 2 hari gan,mga2 uji coba kali ini berhasil scara percobaan yg lalu udah gagal2 mulu gan,beruntung nya nemu blog agan masbro yg kumplit jadi ane bs share kendala ane dimari gan,,,hehe

    ReplyDelete
  4. sebelumnya terimah kasih sudah mmemberi info menarik, saya mau bertanya apa calon ratu dari koloni lain bisa di satukan dengan koloni yang sudah ada di toples.

    ReplyDelete
  5. sipp bang. makasih abang dah baik hati mai berbagi ilmu yang keren ini !!

    ReplyDelete
  6. @panji setyawan
    sama-sama

    ReplyDelete
  7. Jawab satu2 donk mas bro ksian yg pade naxa

    ReplyDelete