Posisi Sarang Ratu

Salam kroto. Dimana kita tahu tempat sarang ratu semut rangrang? Menurut mas bro posisi sarang ratu semut rangrang berbeda beda. Kalau saya dulu mendapatkan ratu semut rangrang selalu di tempat paling atas atau satelit (sarang utama) suatu pohon ( orak menek dewe nda..). Kalau daerah  padat penduduknya semut rangrang merasa terganggu makanya semut akan naik keatas menghindari  gangguan. Dan jarang sekali sarang ratu kita temukan berada di tempat  rendah.

Posisi  Sarang Ratu

Tetapi untuk tempat sepi jauh dari keramaian tidak menutup kemungkinan sarang ratu bisa kita dapatkan pada pohon yang sarangnya tidak terlalu tinggi.

Bagaimana kita bisa tahu kalau ada ratu. Tentunya sobat  harus action sendiri membuka sarang satu persatu. Pekerjaan beresiko. Karena harus di serang para prajurit semut rangrang, tahu sendiri rasanya bung. haha....cenut cenut.

Ciri daripada sarang yang ada ratunya biasanya daun masih muda ( biasanya paling atas), sedikit krotonya dan  berisi telur kecil kecil ( pengalaman ). Karena terjadi proses dari bawah ke atas kalau merasa terganggu untuk membuat sarang baru.. Untuk sarang yang kelihatan agak sedikit mengering biasanya sudah di tinggalkan induk atau ratu tetapi krotonya banyak. Tentunya para pemburu kroto jarang mendapatkan ratu karena tempat sarang ratu terlau tinggi. Tergantung tinggi rendahnya pohon.

Sarang pusat semut rangrang terdiri dari ratu, semut jantan, pekerja dan prajurit. Sarang ratu semut rangrang berada di sarang utama. Bisa di ibaratkan kantor pusat, sedangkan sarang cabang berada di bawahnya. Fungsinya sarang di bawahnya adalah untuk menempatkan telur, mensuplai makanan. Kantor cabang tidak selengkap kantor pusat, tidak memiliki ratu.

Cara mengetahui sarang ratu semut rangrang di atas adalah berdasarkan pengalaman saya. Tentunya akan berbeda dengan pengalaman sobat.

Oke sob, semoga bermanfaat. Jangan lupa tekan tombol suka ya...

Share :

2 komentar:

  1. lebih mudah/simple mana gan antara pake baskom ama rak?dalam hal perawatan.

    ReplyDelete