Posisi sarang ratu semut rangrang

Dimana posisi sarang ratu semut rangrang berada? Bagi sobat flodesta pasti sedikit mengalami kesulitan karena belum berpengalaman dalam mengambil sarang semut rangrang. Lalu di mana posisi sarang ratu semut rangrang berada, apakah ada di atas, tengah atau bawah. Apalagi ratu semut rangrang sangat di butuhkan sekali dalam ternak kroto.

Sarang Ratu Semut

Menurut mas bro posisi sarang ratu semut rangrang berbeda-beda letaknya. Kalau saya mendapatkan ratu selalu di tempat paling atas. Pada daerah yang padat penduduknya biasanya semut rangrang merasa terganggu, semut akan naik ke atas menghindari gangguan. Jarang sekali ratu semut rangrang berada ditempat rendah, kecuali pohon yang di huni semut rangrang kecil dan pendek dan batang tidak terlalu menjulang tinggi.

Untuk tempat sepi jauh dari keramaian tidak menutup kemungkinan posisi sarang ratu bisa kita dapatkan pada pohon yang tidak terlalu tinggi.

Bagaimana kita bisa tahu kalau di situ ada ratu. Tentunya sobat  harus action, membuka sarang kroto satu persatu. Pekerjaan ini memang beresiko, karena harus berhadapan langsung dengan prajurit semut rangrang yang siap menggigit kulit kita.

Ciri sarang kroto yang ada ratunya biasanya daun masih muda, sedikit kroto dan banyak telur. Saat merasa terganggu ratu semut rangrang akan pindah ke atas untuk membuat rumah baru. Sarang semut yang agak kering dan besar biasanya sudah ditinggalkan induknya atau ratu, tetapi krotonya lebih banyak. Contohnya pemburu kroto jarang mendapatkan ratu. Jika mendapatkan ratu pasti akan di lepas lagi karena untuk perkembangan semut rangrang agar tidak punah.

Pusat sarang semut rangrang terdiri dari telur, ratu, semut jantan, pekerja dan prajurit. Sarang ratu semut rangrang berada di sarang utama. Bisa diibaratkan kantor pusat, sedangkan sarang cabang berada di bawah fungsinya untuk menempatkan telur, mensuplai makanan. Kantor cabang tidak selengkap kantor pusat, tidak memiliki ratu semut.

Cara mengetahui posisi sarang ratu semut rangrang di atas adalah pengalaman pribadi. Tentu kondisi di lapangan akan berbeda dengan anda.

Oke sob, semoga bermanfaat pengalaman saya. Jangan lupa share ya... Matur nuwun.

Lihat jugaFoto ratu semut rangrang

3 comments:

  1. lebih mudah/simple mana gan antara pake baskom ama rak?dalam hal perawatan.

    ReplyDelete
  2. Dimana alamat paternak
    kroto wilayah Blitar ,??
    Saya mumpung di Tulungagung . Mksh

    ReplyDelete