Cek Secara Berkala Tatakan Kaki Rak

Rak

Cek secara berkala tatakan kaki rak kroto. Apakah sobat merasa galau dengan kondisi sekarang, makin lama semut semakin berkurang. Dari sahabat flodesta pernah mengeluhkan masalah semut rangrang semakin lama habis. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya bisa lihat tatakan kaki rak kroto. Apakah di dalam pengaman tatakan kaki rak tersebut banyak semut yang mati dan setiap hari selalu ada yang jatuh di tanah.

Dalam hal ini biasanya semut banyak yang terendam ke dalam oli atau air. Bagi yang menggunakan tatakan air pasti kelihatan jelas jika ada yang mati. Bagaimana kalau menggunakan oli? Pasti kurang jelas karena tertutup dengan oli. Ireng kabeh...piye ndeloke nek orak dikeruk...

Untuk masalah tersebut,  saya selalu mengingatkan kembali bahwa semakin banyak semut yang masuk oli atau air,  maka otomatis sedikit demi sedikit koloni semut akan mengalami pengurangan. Walaupun sedikit tapi setiap hari, sami mawon, apalagi dalam jumlah besar. Bener opo rak...

Maka dari itu sobat harus selalu cek tatakan kaki rak. Tatakan kaki rak bisa dibersihkan jika sudah lama, diganti dengan oli bekas atau air yang baru. Mengapa harus diganti? Untuk pengguna oli biasanya bercampur dengan kotoran semut dan debu. Dengan berkumpulnya debu di tatakan kaki rak, sedikit demi sedikit bisa membahayakan ternak kroto anda. Semut mempunyai peluang untuk lari melalui oli yang sudah mengeras dan licinya rak, karena terlalu banyak debu yang menempel. Kalau sudah bisa melewati, maka dengan mudah semut keluar beramai ramai dari rak.

Menurut pengalaman saya, semut yang masuk di oli berarti semut mengalami kondisi kurang nyaman di rak, apalagi sudah lama. Bisa juga disebabkan menjatuhkan diri dan masuk oli atau air. Bukan masalah bau, karena saya sudah belajar bertahun tahun memakai oli. Bau oli tidak begitu mempengaruhi, semut tetap menghasilkan kroto. Hanya saja kaki rak lebih tinggi. Letakkan toples semut pada rak yang paling atas karena lebih menyukai ketinggian, disamping itu untuk menghindari gangguan yang ada di bawah.

Saya kira semua pengaman rak ternak kroto pasti ada kekurangan, kecuali ditutup rapat, mesti ora ono sing tibo. Mau pakai apa saja boleh, sah mawon yang penting nyaman buat semut dan anda sendiri, apakah itu pakai pengaman kolam, parit paralon, tatakan air dan oli. Silahkan di praktekan mana yang lebih baik untuk sobat. Semoga bermanfaat. Matur nuwun.

No comments:

Post a Comment