Cara Supaya Semut Nyaman


Cara supaya semut nyaman di rak kroto. Di dalam ternak kroto terutama untuk pemula, pasti akan mengalami kendala ketika pertama kali memindahkan sarang ke dalam rak. Kenyamanan adalah syarat mutlak bagi semut rangrang. Kita sendiri harus memahami hal tersebut, bahwa semua yang mengalami perpindahan tempat baru pasti membutuhkan adaptasi, apakah itu milik sendiri atau dari alam .

Pada saat kita mengambil sarang kroto dari pohon tidak serta merta semut akan otomatis masuk secara instan ke dalam tempat yang sudah kita sediakan. Bahkan tidak jarang semut akan banyak berjatuhan ke tanah.

SemutPada saat pindah lokasi, semut rangrang akan mengalami penyesuaian di tempat baru. Proses semut masuk ke dalam  toples, botol, bambu dan pipa paralon waktunya berbeda. Ada yang membutuhkan sampai sehari,  ada pula berhari-hari tidak mau masuk. Biasanya semut berkumpul di pojok rak. Sebenarnya agar semut mau bersarang secara cepat adalah faktor teknik saja.

Perbedaan sudah sangat jelas ketika memindahkan sarang semut yang sudah di ternak, koloni semut dari toples sudah adaptasi. Pada saat dipindah ke tempat lain hanya membutuhkan waktu tidk lama dalam menyesuaikan di rak baru. Sedangkan semut yang di ambil langsung dari alam membutuhkan waktu cukup lama.

Kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi kondisi itu sangat dibutuhkan sekali. Kalau kita sendiri tidak sabar, Mas bro sarankan jangan ternak kroto, karena tidak ada proses yang cepat (instan) semua membutuhkan waktu. Dengan mau menunggu proses yang ada, semoga hasilnya jadi lebih baik.

Cara supaya semut nyaman di dalam rak?
  1. Ambil bibit kroto dari alam. Letakkan langsung sarang semut secara pelan-pelan (slow) ke dalam rak  yang diambil dari alam. Jangan dibuang dulu daunnya, agar semut rangrang tidak stres tingkat tinggi. Biarkan semut masih berada di dalam daun. Dengan masih adanya daun until rumah, semut tidak terlalu banyak berhamburan keluar secara besar besaran. Kemudian jangan lupa siapkan makanan semut rangrang, bisa ulat hongkong (jenis serangga lain juga boleh) serta minuman air gula manis.

    Pertama kali biasanya semut tidak mau makan dan minum, biarkan makanan dan minuman tetap disediakan. Cepat atau lambat pasti akan dimakan dan diminum. Tidak lupa sediakan juga toples kosong, toples tidak wajib digunakan silahkan ganti dengan bahan yang lain sesuai dengan keinginan. Dalam kondisi apapun memindahkan semut nantinya tetap ada yang jatuh tetapi tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan cara daun dibuka langsung ketika baru dapat dari alam.

  2. Ternak kroto yang sudah lama tiba-tiba semut berjatuhan. Cara ini memang cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, jika sobat pernah mengalami semut berjatuhan walaupun sudah di ternak berbulan-bulan, yaitu dengan cara memberi daun pada toples, botol, bambu, pipa paralon, kondisi semut akan jadi lebih nyaman. Daun bisa dimasukkan di dalamnya atau di atas toples. Bagi yang mempermasalahkan tidak bisa melihat telurnya, pelajarilah terus nanti lama-lama akan bias melihat. Pada intinya dalam keadaan darurat semut tidak berjatuhan dan aman alias nyaman, sehingga kita tidak merasa panik dan ketakutan

  3. Ruangan. Kita bisa sebagian mencontoh seperti di alam. Kalau dilihat mayoritas semut alam berada di area panas matahari tetapi sarangnya gelap. Untuk Aplikasi di rumah, sesuaikan dengan kondisi ruangan yang teduh alias adem, tetapi ada cahaya terang yang masuk walaupun hanya pantulan. Coba sobat aplikasikan kondisi tersebut, untuk toples bisa dibuat gelap tetapi ruangan tetap membutuhkan cahaya dan udara. Bagi ruangan yang panas bisa membuat kolam buatan di bawah rak
    Cara supaya semut nyaman di rak bisa anda coba. Orak ono sing nglarang kalau hasilnya lebih baik. Semoga bermanfaat. Matur nuwun.

    4 comments:

    1. suhu di kandang ptrnakan saya kadang panas bgt. kalau cuaca mendung mau hujan. apakah berpengaruh trhadap hasil kroto nanti.? trima kasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau tidak ada yang berjatuhan secara besar besaran berarti masih nyaman mas. Gpp mas Anjas Damara asal tidak terkena matahari langsung dan ada atapnya.

        Delete
    2. ok.. trima kasih. smoga mas bro tmbh sukses. di tggu tulisan selanjutnya..

      ReplyDelete
    3. Mas bro.. aku udah lama mantengin blog sampeyan... sekarang udah di coba praktek, mo tanya dong.. penyebab semut selalu lompat ke parit apa ya..? Setiap hari selalu ada yang lompat.. kondisi ruangan sudah adem+gelap, makan+minumnya juga sudah di cukupi, tapi kok masih sering lompat ya..? Apa karena ada predator (cicak)..? Mengatasi supaya predator tidak mengganggu bagaimana ya..? Trims

      ReplyDelete