Mengurangi Rumah Semut Di Toples


Kali ini saya akan membahas masalah mengurangi rumah semut rangrang. Pasti sobat semua pernah melakukan penambahan rumah semut dari toples secara besar,  berharap koloni  jadi tambah banyak. Apa yang terjadi dengan menambah toples terlalu banyak? Mari kita amati dengan seksama bahwa penambahan toples, botol, pipa paralon dan bambu yang tidak sesuai dengan koloni semut akan membuat semut  berpindah ke tempat yang baru. Sehingga koloni semut terbesar akan terpecah belah merata ke tempat lain, atau sebaliknya menyatu.

SemutPemandangan ini membuat kecewa, karena hasil kroto terbagi dan tidak menyatu. Perlu diketahui, apabila isi semut cuma sedikit jangan berharap bertambah secara cepat, penuh, padat berisi, kecuali ada penambahan semut dari luar.

Ambil contoh pada toples dan botol yang sering dipakai, kebanyakan terlihat kosong serta seperti lama berkembangnya.

Perkembangan telur, larva, pupa serta semut tidak bisa cepat, semua mempunyai tahap pertumbuhannya, jadi sobat wajib mengikuti prosesnya.

Mari relakan sedikit untuk membaca artikel flodesta yang gak neko-neko alias poinnya saja, ndak marai mumet.
  • Jangan menambah rumah semut terlalu banyak. Apakah dari toples, botol, pipa paralon dan bambu. Karena bisa menyebabkan banyak yang kosong, sesuaikan dengan koloni semut.

  • Tambahkan toples secara bertahap, lihat kondisi. Bisa di lihat kalau menambah toples terlalu banyak. Apakah isinya akan penuh semua, pasti tidak sesuai seperti apa yang kita harapkan.

  • Ambil kembali toples kosong dan botol yang lama tidak ditempati, apakah itu baru beberapa minggu atau berbulan bulan,  karena percuma saja melihat toples kosong semua. Belum tentu toples yang sudah kosong akan di tempati lagi. Lebih baik dengan jumlah toples sedikit tapi maksimal hasilnya.
Cara mengurangi toples, botol yang ada semutnya
  • Silahkan lihat toples yang kosong lalu ambil dan segera bersihkan dari semut rangrang .

  • Cara membersihkannya dengan menggunakan kuas lebar untuk toples dan kuas kecil panjang untuk botol pada semut yang masih berada di dalam sehingga tidak mematikan. Jangan lupa kuas dikasih tepung sedikit supaya semut rangrang bisa langsung jatuh di rak.
Sekarang kita sudah bisa lihat setelah beberapa hari toples yang telah kita kurangi otomatis  koloni semut rangrang akan berkumpul dengan padat serta kroto akan menyatu lebih banyak, sehingga ketika panen kroto lebih efesien waktunya.

Selamat mencoba semoga dengan adanya info tentang mengurangi rumah semut pada toples dan botol jadi tambah senang melihatnya. Puas... Jo kelalen sama cendole bro... Matur nuwun

Baca : Cara panen kroto toples

2 comments:

  1. sip mas bro tips nya. mohon bantuannya mas bro ,untuk perawatannya apakah toples harus disemprot air gula / cukup air saja? yang disemprot toples nya opo alasnya tok mas bro? opo gak perlu disemprot air.... terima kasih mas bro.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penambahan toples baru boleh disemprot air gula, tapi jangan banyak banyak.

      Delete