Mengatasi Semut Rangrang Masuk Air Gula

Mengatasi semut rangrang masuk air gula
Mengatasi semut rangrang masuk air gula. Kali ini saya coba fokus mengatasi semut rangrang masuk ke dalam tempat minum. Ternyata masih banyak yang mengalami masalah tersebut, bahkan lebih dari satu yang tenggelam . Lihat saja gambar di bawah, keberadaan semut yang ada di tengah kalau tidak bisa menepi pasti mati.

Penyebab semut rangrang masuk air gula yang kita sediakan disebabkan semut merasa terganggu dengan penambahan air minum. Mungkin  pernah menambah minuman secara mendadak ke tempat minuman semut rangrang. Cara seperti itu membuat semut kaget dan akhirnya semut secara cepat masuk ke dalam air dan akhirnya mati. Mungkin bisa saja disebabkan karena penambahan minuman terlambat.

Tempat minuman juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu tinggi, sesuaikan dengan tinggi semut rangrang. Masalah nanti air minum cepat habis, nanti bisa di isi lagi. semua tergantung pada semut rangrang yang kita budidayakan, semakin banyak semut rangrang tentu banyak menghabiskan minuman.

Bagaimana cara mengatasi semut rangrang masuk air gula.
  • Cara pertama. Bersihkan dulu semut yang masih ada didalam tempat minuman dan sekitarnya. Pokoknya harus bersih dari semut rangrang. Caranya semprot pakai air (buih ) sampai semut rangrang menjauh dari tempat minuman. Kemudian air gula bisa dimasukkan ditempat minuman.
  • Cara kedua yaitu dengan menambah tempat minuman baru. Jadi begini sob, kita bisa menambah tempat air gula yang baru dengan catatan tempat minuman lama sedikit mendekati habis dulu baru kita letakkan tempat yang baru. Kemudian tempat minuman lama bisa kita ambil untuk cadangan berikutnya. Kalau masih ada semutya bisa kita bersihkan dulu dengan memakai tangan yang terproteksi sarung tangan dengan dilumuri tepung sedikit. Kita usap perlahan lahan semut yang menempel ditempat minuman semut rangrang lama.
  • Cara ketiga mungkin tidak terbayang dipikiran kita yaitu tempat minum diberi batu kecil tentu batu tersebut sudah dibersihkan. Mengapa Mas bro mempunyai ide tersebut karena dalam pengamatan semut sebagian kecil ada yang nekat masuk kedalam air gula. Dengan adanya halangan batu maka semut tidak akan masuk kedalam air tetapi tetap masih bisa minum karena adanya celah diantara batu. Lihat saja gambar dibawah ini :
Mengatasi semut rangrang masuk air gula

Cukup mudah sekaliya, kita hanya memerlukan kreatifitas. Cara tersebut tidak wajib dipakai, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Semoga semut rangrang tidak lagi masuk minuman air gula. Terimakasih sekali atas kunjungan dan partisipasinya. Ojo lali cendole bro....ben tambah seger. Matur nuwun

No comments:

Post a Comment