Kroto Hilang Di Toples

kroto

Setelah diamati dan dicermati tiba-tiba kroto hilang di toples. Padahal malam hari saya lihat banyak tapi besok paginya tidak ada semua, aneh bin ajaib. Apakah karena dimakan sendiri? padahal sudah diberi makanan penuh. Sambil berpikir mencari penyebabnya. Tuing tuing...agak pusing ni kepala.

Apakah saudaraku juga pernah mengalami hal demikian, saya kira juga mengalaminya. Suatu saat nih si Brodin pagi banget telpon hpne mas bro. Aku kaget banget isuk-isuk mruput matane isih nggandul.

Obrolan :

Brodin : Selamat pagi Mas bro
Mas bro : Selamat pagi
Brodin : Mas saya mau tanya kenapa krotoku pada hilang ya?
Mas bro : La dalah....kok iso. Pasti you ambil ya krotonya
Brodin : Tidak mas, malam hari saya lihat ada banyak, tapi begitu saya lihat keesokan harinya mengapa hilang semua. Apakah bisa dimakan predator lain ya mas.
Mas bro : Ah...gak mungkin. Kalau predator lain seperti tikus gak mungkin masuk toples. Sangat mungkin sekali jika masuk ke dalam rak toples semut rangrang, nangkring clingak-clinguk iku bener. Cari tulang dan minum air gula. Aku sambil ngakak...ckckckc
Brodin : Benar mas banyak yang hilang. Apa ya mas penyebabnya?
Mas bro : Tenang... tenang... mas, pasti nanti akan saya cari penyebabnya. Sabar wae....
Brodin : ok mas ane tunggu ya. terimakasih
Mas bro : sami-sami. maturnuwun

Itulah kutipan percakapan mas bro dengan si brodin

Usut punya usut setelah diamati ternyata penyebab kroto hilang dari toples sebenarnya hanya karena pindah posisi saja, mencari posisi enak.  Jangan panik, tenang saja. Kroto akan mengalami migrasi masuk ke dalam toples yang paling dalam sehingga tidak terlihat atau kroto dipindah ke toples lain.

Peristiwa seperti itu sering terjadi setiap hari, toples yang tadinya tidak ada krotonya sekarang jadi banyak krotonya padahal sebelumnya belum ada krotonya. Bisa juga karena membentuk koloni baru. Jangan heran bro, telur, larva, pupa sewaktu waktu mengalami perpindahan tempat, bisa disebabkan faktor gangguan serta ketidaknyamanan semut tersebut. Itulah sifat alaminya karena mereka hidup, jangan dipaksa biarkan berkembang alami,  paling penting dirawat dan diberi makan sesuai kebutuhan semut. Ora usah neko-neko.

Itulah sekilas info masalah kroto hilang dari toples. Semoga bisa bermanfaat. Ojo kelalen cendole.....Matur nuwun sanget.

Baca juga : kroto berjamur

No comments:

Post a Comment