Cara merubah toples semut jadi berisi

Banyak sekali keluhan dari teman-teman flodesta yang selalu menanyakan tentang toples semut yang di ternak banyak yang kosong. Apa penyebab toples semut banyak yang kosong? Apakah banyak yang jatuh, kurang koloni atau ada penyebab yang lain?

Kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya merubah toples semut kosong jadi berisi pada sarang kroto.  Piye carane...diwoco se nganti bar bro. Sepertinya cara memperbanyak koloni semut baru gampang banget ya bro, jebule yo angel je. Maksud hati ingin memperbanyak sarang kroto di toples biar jadi banyak,  eealah malah do nglumpuk dadi siji, piye to kiee. Sabar bro.....

toples kroto

Dari cara sederhana sampai sulit sudah dicoba tapi hasilnya semut tetap kembali lagi. Bahkan sampai banyak yang putus asa. Sabar ya...

Pertama yang sering terjadi adalah pada saat pemindahan awal ditempat baru, biasanya semut akan menyatu dulu. Misalnya jika sobat ambil 12 sarang kroto dari alam kemudian anda pisah pisah tetap pada 12 toples juga. Belum tentu semut akan menempati semua toples.

Kejadian ini banyak sekali dialami oleh sahabat flodesta. Sarang kroto alam setelah dipindah kedalam toples akan menyatu secara perlahan lahan. Apakah nanti akan menjadi dua atau jadi tiga toples kroto.

ladalahh... kok malah jadi sitik Mas bro, kuwi wes wajar mosok semute kon meneng ae. Semut rangrang punya perilaku berpindah-pindah bro. Jangan dipaksa, itu sudah dari sononya.

Sekarang bisa di rubah, asal sampeyan mau belajar. Biarkan saja semut yang sudah menyatu, tunggu sampai semut benar benar tenang dan nyaman. Biarkanlah dulu membuat jaring di toples baru, sesuaikan koloni dengan jumplah toplesnya.

Tentunya toples semut akan berubah jadi penuh karena penumpukan semut yang ada, banyak sarang menyatu dalam satu toples.

Solusinya adalad segera ambil toples yang kosong, atau sebaliknya bisa di tambahi bibit lagi.

Iki mung pengalaman konco-konco sing ngeluh karo mas bro. ojo lali cendole yo lur... Matur nuwun

Baca juga : Cara memperbanyak koloni semut kroto toples.

No comments:

Post a Comment