Satu toples berapa ons / kg kroto ?

Apakah teman-teman sudah pernah mendengar hasil panen kroto di dalam satu toples bisa menghasilkan berapa ons atau kg kroto?.  Super dasyat jika sampai  panen kroto sebanyak itu, lalu berapakah jumlah toples yang di butuhkan?.

Menurut pengalaman saya selama ini  untuk hasil kroto  mencapai 1/2 ons dari beberapa toples, itupun menggunakan toples besar dengan sarang super besar. Menurutku sudah istimewa dalam jangka waktu singkat bisa menghasilkan kroto sebanyak itu. Hasil kroto setiap toples tentu berbeda-beda, tergantung pada perawatan dan teknik yang digunakan.

Satu Toples Berapa Ons Kg Kroto ?

Jika selama ini teman-teman telah mencoba ternak kroto, berapa ons atau kg dihasilkan? Apakah sudah bisa menghasilkan kroto sebanyak itu atau tidak ada sama sekali.

Berdasarkan pengalaman pribadi juga dari teman-teman, kroto yang dihasilkan hanya untuk kebutuhan sendiri. Bila untuk usaha dan ingin hasil yang lebih tentunya bisa memperbanyak koloni.

Perjalanan panjang untuk saya jika ingin mengetahui apakah semut rangrang bisa di ternak di dalam rumah. Terdorong dari rasa ingin tahu dan penasaran terhadap semut rangrang ini.  Karena nilai jualnya super mahal dan semakin melambung. Saya memberanikan diri untuk mengetahuinya lebih dalam dengan cara mencoba sendiri walaupun hasilnya kurang maksimal.

Tahap demi tahap yang selama ini sudah saya lewati. Banyak suka dan duka sudah terlalui dari mencari bibit sendiri sampai membeli sarang dari penjual kroto demi rasa ingin tahu.

Apalah arti kalau hanya ilmu di pendam sendiri. ternak kroto akan terus berkembang seiring berjalanya waktu atau akan sebaliknya. Dengan adanya blog flodesta mungkin bisa membantu, serta langkah apa yang harus dilakukan untuk pemula.

Saya bukanlah peternak kroto besar seperti yang d lihat, itu semua untuk membantu sobat di saat minimnya informasi.

Oke, itulah sedikit banyak saya bagikan kepada saudaraku semua. Semoga apa yang saya sampaikan tentang satu toples berapa ons atau kg kroto bisa berguna dan bermanfaat. Salam sukses. Ojo lali karo cendole.... Matur nuwun.

22 comments:

  1. saya udah setengah taun mencoba budidaya semut ini gan..
    tp hasilnya nihil..
    yang ada malah harus mencari uang untuk membeli pakan (ulat hongkong)
    di tempat saya ulat hongkong 1 0ns 15.000
    lokasi pekanbaru...
    ada tips g gan agar semut saya cepet berkembang...?
    bukannya untung malah rugi ane gan..
    beli bibit nya aja udah habis 1,6 juta...

    help me please..
    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. usahakan jangan membeli terus pakanya. Kalau mas memakai ulat hongkong sekalian saja ulat hongkongnya di ternak kan lebih ekonomis. Kemudian untuk makanan bisa di buat variasi jangan ulat hongkong saja.

      Harga bibit 1,6 juta itu berapa toples mas kok sampai sebanyak itu? mungkin kalau di belikan sarang disini bisa dapat buanyak itu.

      Delete
    2. Saya mau beli bibit di peternak 2.7 jt dpt 100 toples dan 4 ratu bagus ndak mas bro??

      Delete
  2. mas bro:
    itu dulu saya terburu-buru mas belinya...
    banyak yang jual tp g bisa kirim sampek pekanbaru..
    pas ada yg jual 1 toples 100 ribu...
    minimal beli 1 lusin....
    100.000 X 12 = 1.200.000 blm ongkirnya....

    kalau pakan alternatif nya apa ya mas bro..?
    murah tp berprotein tinggi...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya pernah denger ada peternak yang sudah cukup lama dan berpengalaman, kayaknya juga berada di pekanbaru (enak lebih dekat
      ), kebetulan salah satu gambarnya ada yang saya pakai(sudah ijin) . coba search saja di salah satu media jejaring sosial (fb). Mungkin beliau juga mau membantu dan berbagi ilmunya.

      Harusnya mas konsultasi sama penjualnya. Masalah alternatif pakan saya gak ada yang khusus (alami saja, Yaa paling umum di berikan pada semut rangrang).

      Maturnuwun

      Delete
  3. Stelah saya membaca beberapa cara dan tehnik budidaya kroto, saya jadi tertarik nih..gmn aku bisa mencoba atau kemana aku berguru?

    ReplyDelete
  4. @Ridwan Alhadi
    Silahkan di coba. Banyak guru yang bisa mengajarkan ternak kroto. Tergantung dengan mas ridwan, mana yang lebih cocok.

    ReplyDelete
  5. Mas bro...maturnuwon sanget ilmune...
    Sebenarnya udh lama ingin belajar tentang ternak kroto, namun baru hr ini sy menemukan ilmunya...:)

    ReplyDelete
  6. @Edy Suatmoko
    Sami sami mas. Tidak ada salahnya untuk belajar, saya pun juga masih belajar ( uji coba sendiri walaupun tanpa guru. hehe...). Sebenarnya sudah lama share pengalaman tentang cara ternak kroto. suwun

    ReplyDelete
  7. Allaikum mas brow....mau tanya nih..kenapa ya kok semut saya brsma telurx yg d toples besar pindah ke toples kecil di bwax yg sy pake buat pengganti bata merah..??

    ReplyDelete
  8. @dedhy boey
    Pengganti tatakan jangan sampai ada celah untuk masuk, gunakan yang tertutup.Supaya semut todak bersarang di situ.suwun

    ReplyDelete
  9. mas bro baru satu bulan saya ternak semut ini...setiap koloni yang saya dapet dari alam langsung saya masukan di media penangkaran,tapi semutnya pinter bener,,, dia kabur bikin jembatan sendiri buat nyebrangin pulau ane...al hasil paginya dapur rumah penuh dengan semut buronan,dah gitu bini ane ngoceh2 gan ...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. @Romi hasyim
    ckckkkkk...jaraknya agak lebar dikit mas. Apakah itu tempat tatakan kaki, jarak kaki dari lantai dan jarak antara media dengan dinding/tembok.

    ReplyDelete
  11. Mas bro mau tany nih semut saya udh 1bln blm berpindah/membikin sarang baru gmna caray biar cepat membikin sarang bar mas bro....suwuun

    ReplyDelete
  12. Benarkah semut rangrang di ternak dlm toples bisa menghasilkan kroto seperti didapat dari alam. Soalnya kalo di denger2 pengalaman peternak pemula banyak yg gagal...mksh om

    ReplyDelete
  13. Mas bro satu toples ratunya brapa ekor ya. Mas.

    ReplyDelete
  14. Mas bro ak minta nomor wa nya mau belajar

    ReplyDelete
  15. mas bro ternak berapa toples dan biaya perawatannya berapa bro per hari atw per bulan,dan panennya berapa bulan.?

    ReplyDelete