Cara mengambil sarang semut kroto dari pohon

Salam Kroto, menjawab pertanyaan dari teman seng rak ono jenenge alias anonim (maaf ya). Beliau menanyakan bagaimana mengambil sarang dari alam atau pohon? flodesta akan menjawab berdasarkan pengalaman. Sebelum sobat memindahkan sarang kroto alam untuk di tempatkan di dalam toples. tentunya masih ada proses sebelumnya yaitu mengambil sarang dari pohon. bagaimana caranya ya,  anda pasti sudah membayangkan bagaimana kalau di keroyok ratusan semut rangrang, pasti akan kesakitan. Sebelum kita naik saja pasti sudah di hadang oleh prajurit semut rangrang.




Banyak berbagi ilmu aja ya bro. Saat pertama kali mendengar adanya budidaya ternak kroto. byuuh byuuh. langsung saja mas bro action untuk mencoba untuk saya jadikan percobaan. Sempat mencoba untuk mengambil sendiri dengan cara naik pohon, kebetulan lumayan tinggi dengan membawa alat dari bambu dengan ujung mas bro kasih sabit atau arit .Gunanya untuk memotong batang dari sarang. Waduh sebelum sampai pertengahan wes rak kuat di cokoti semut akehe pool. terpaksa harus turun.

Tidak mau kalah sama semut akhirnya bambu saya sambung lebih panjang supaya terjangkau pada batang yang ada sarangnya. Setelah sampai mas bro coba potong, dan terjatuhlah sarang tersebut. Sebelum semut lari, kita dengan cepat harus memotong sarang dan memasukkan ke dalam karung. Karena tempat agak jauh dari rumah hanya karung plastik yang saya bawa. Itu cara pengambilan dengan cara naik pohon sendiri pokoknya ambil sendiri lah.

Cara mengambil sarang berikutnya adalah dengan menyuruh orang yang berani untuk mengambil ( kasih uang ). Cara yang seperti inilah terakhir di pakai oleh flodesta untuk mengambil sarang semut. Bonyok bro kalau ambil sendiri. Kalaupun  ambil sendiri jka pohon tersebut tidak terlalu tinggi. Jika mau pesan sarang berapapun akan di layani tergantung masih ada tidaknya sarang. "kata bapak sambil ambil kroto"

Sebelum mengambil siapkan bambu atau kayu panjang yang sudah di sambung dengan bagian ujung sudah di kasih sabit. Potong batangnya, siapkan karung beras kosong atau kantong plastik untuk menyimpan sarang sementara. Ada juga yang langsung di masukkan toples.

Dalam pengambilan sarang setiap orang mempunyai teknik sendiri sendiri. Kesimpulannya ada yang rela badanya di gigit untuk mengambil sendiri dan juga meminta tolong orang lain untuk pengambilanya.

Cara pemotongan dengan menggunakan bambu atau kayu panjang sedikit mengalami kesulitan jika batang pohon yang akan kita potong terlalu tinggi dan berjenis kayu yang keras (sulit di patahkan).

Bila teman teman mempunyai pengalaman yang berbeda. Share dong......
Semoga pengalaman yang mas bro bagi bermanfaat dan bisa menjadi perbandingan sebelum anda beraksi...

Jangan lupa cendole... maturnuwun.

Share :

4 komentar:

  1. ane manjat pohon sendiri mas bro, ane pke celana ketat n baju ane lepas, badan, tangan dan wajah ane lumuri pake tepung kanji, beg2 semut nempel langsung jath dngan sendirix, jd lebh gampang ngambil sarangx. . .

    ReplyDelete
  2. @bintang

    hahaha......wkwkwk
    teknik baru ya bro. tapi kalau kelamaan di pohon bisa rontok tu tepung. Tapi salut wes atas usahanya.

    ReplyDelete
  3. Mau nanya gan... gimana cara mengawinkan calon ratu biar calon ratu kita ngak mubajir. Tlg Share ya gan..

    ReplyDelete
  4. beli gunting ranting/dahan, harganya Rp. 199.999 klau di gresik cuma ada di hypermarket, atau tanya tukang taman beli dimana. bisa dikendalikan dari bawah gk usa manjat pohon, tapi saya lupa namanya soal bhs inggris,

    ReplyDelete