Mengapa semut rangrang tidak membuat sarang

Mengapa semut rangrang tidak membuat sarang. Sekilas memang mudah sekali melihat semut rangrang bersarang ke dalam toples. Ternyata setelah dicoba tidak bisa, masih banyak sahabat flodesta belum berhasil membudidayakan. Salah satunya adalah semut rangrang tidak mau bersarang. Apakah itu di toples, bambu, botol dan pipa paralon.

Mengapa Semut Rangrang  Tidak Mau Bersarang

Berdasarkan pantauan selama ini, kebanyakan menganggap mudah masalah ini. Kenyataanya tidak semudah itu ketika memindahkan semut rangrang alam ke dalam toples, bahkan membutuhkan waktu berhari-hari untuk bersarang ke dalam toples.

Tidak jauh dari kehidupan kita, ketika akan beli rumah baru. Pasti kita akan melihat dulu sekeliling rumah, dari luar sampai dalam. Demikian juga pada semut rangrang, tidak bisa langsung membuat sarang di toples. Semut rangrang pasti akan diluar dulu, menempel diseluruh bagian dinding toples. Setelah semut merasa nyaman baru mereka akan membuat sarang. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Makanya jangan heran jika terjadi pada semut rangrang anda. Itulah yang selama ini Mas bro amati. Salah satu faktornya adalah kesabaran. Jangan terburu buru, semua ada proses tahapannya.
Syarat pembuatan jaring atau sarang :
  • Larva bentuknya kecil adalah sarana untuk pembuatan sarang putih seperti kertas. Cara kerjanya, larva tersebut dijepit oleh semut untuk merajut sarang atau jaring. Semut pekerja ini selalu mengulang ulang dalam pembuatanya. Awalnya tipis kemudian menjadi tebal .
  • Kroto. Bisa diberi secukupnya saja yang penting ada krotonya
  • Semut pekerja. Mengangkut semua telur, kroto dan ratu
  • Semut prajurit. Kerjanya mengamankan dari gangguan dari luar.
Cara ini juga sering diabaikan, sampai kapanpun tidak akan mau bersarang dan membuat jaring  kalau yang dipindah hanya semut dan kroto nya saja. Untuk pertama kali memindahkan, biasanya tidak mau makan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa cendole ya. Terimakasih.

16 comments:

  1. gmana bro..koloni yg gak ada ratunya apa bisa memproduksi/melahirkan ratu baru..???

    ReplyDelete
  2. bgini agan masbro..ane ada yg mo ditnyain ni

    1.semut rangrang ane ksh pakan ulet kandang tapi kenapa setelah dibawa masuk ke toples kox hari berikutnya malah di bawa keluar toples spt dibuang gitu y oleh semut2 tsb

    2.perilaku semut ane suka diluar toples tapi kox selalu berkumpul seolah2 berdiri saling bertumpuk(berpanggul) kayak dancer chears leader gitu knp y..?
    mohon bimbinganya y agan masbro,,ane tunggu petuahnya,trmksh

    ReplyDelete
  3. oke trima ksh inponya agan masbro..koloni yg dancer itu baru skitar 2 hari gan,mga2 uji coba kali ini berhasil scara percobaan yg lalu udah gagal2 mulu gan,beruntung nya nemu blog agan masbro yg kumplit jadi ane bs share kendala ane dimari gan,,,hehe

    ReplyDelete
  4. sebelumnya terimah kasih sudah mmemberi info menarik, saya mau bertanya apa calon ratu dari koloni lain bisa di satukan dengan koloni yang sudah ada di toples.

    ReplyDelete
  5. sipp bang. makasih abang dah baik hati mai berbagi ilmu yang keren ini !!

    ReplyDelete
  6. Jawab satu2 donk mas bro ksian yg pade naxa

    ReplyDelete
  7. Bos...knp angkrang saya menyebar di luar toples,,mhon ptunjukx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi baru serta pindah tempat bisa menyebabkab semut menyebar keluar toples.

      Delete
  8. knpa ya semut ane udh brapa hri hnya nempel di dlam toples, tdak mmbuat srang..
    tlong pnjelsannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ada telur atau larvanya dan kroto, tanpa itu di jamin tidak akan membuat sarang. Karena semut pasti akan merawat dan membuat sarang untuk perkembangbiakan.

      Kalau baru pindah semut hanya menempel di dinding toples. Jika semua yang di atas terpenuhi tinggal tunggu beberapa hari saja pasti akan membuat sarang,
      Maturnuwun.

      Delete
  9. Bro, knpa ya kroto sya hnya nempel di bgian dlam toples aj, tpi nggax buat srang, pdhal udh bbrpa hri tp nggx ad prkmbangnnya..
    mhon pncrahnnya..

    ReplyDelete
  10. Mas bro saya pindah kan semut alam ke dalam toples, dah 2 bulan awal 1 toples sekarang dah 20 toples, tapi belum membuat sarang telur dan larva hanya menempel diding toples kenapa itu mas Bro ada pengarihnya ga tuk perkembangbiakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sudah membuat jaring , apalagi koloni sudah lengkap.

      Delete
  11. Mas bro kenaph semut saya yang udah pada bersarang di paralon sebagian nya pada mati mohon penjelasan nya mas bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mati kering atau pada berantem ya? Jika baru memindahkan dari alam itu memang butuh penyesuaian.

      Delete